PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERORIENTASI LAGU DAERAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BAHASA INDONESIA KELAS IV
Sari
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan Model Pembelajaran Talking Stick Berorientasi pada Lagu Daerah Terhadap Pemahaman Konsep Pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di Gugus II Kecamatan Tejakula. Masalah yang mendorong penyelidikan ini ialah pemahaman yang buruk terhadap konseep Bahasa Indonesia khususnya di kelas IV. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu (quasi eksperimen). Teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian ini yaitu simple random sampling sampel yang terpilih yakni IV SD N 3 Les kelompok eksperimen serta IV B SD N 1 Les kelas kontrol. Design penelitian inii post-test only control design . Instrumen pengumplan data yang digunakan adalah soal essay yang diberikan saat post-test. Hasil analisis data menunjukan rata rata nilai kelas eksperimen 78,71 dan kelas kontrol 57,22. Berdasarkan uji t-test menggunkan rumus polled varians diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yakni 4,96 > 2,02. Hal ini membuktikan bahwa 𝐻𝑜 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima sehingga tedapat Pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Talking Stick Berorientasi Lagu DaerahTerhadap Pemahaman Konsep Bahasa Indonesia Kelas IV di SD
Gugus II Kecamatann Tejakula.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v4i1.4549
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.