PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk dapat untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran Project Based Learning berbantuan media Powerpoint terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila. Berdasarkan hasil yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (pjbl) berbatuan media power point. Nilai rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model project based learning (pjbl) berbatuan media power point adalah 70 dengan standar deviasi 8.660, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Konvensional adalah 90 dengan standar deviasi 8.098. Sehingga berdasarkan hasil uji t yang telah dilakukan dengan melihat hasil thitung dan ttabel, maka yang dihasilkan adalah ttabel < thitung, maka Ho ditolak dan H1 diterima, maka terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang diajar dengan model project based learning (pjbl) berbatuan media power point pada pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD Dana Punia Singaraja Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2023/2024. Jadi, untuk taraf signifikan (ttabel) dengan jumlah responden 50 = 2,007. Sehingga dapat dilihat dari signifikansi yang dihasilkan pada uji t tersebut dinyatakan bahwa 4.554 > 2,007. Jadi dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran project based learning (pjbl) berbatuan media power point memiliki pengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila kelas IV SD Dana Punia Singaraja Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2023/2024.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v4i1.4545
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.