PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN PERMAINAN CURIK-CURIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS VI YUDISTIRA KECAMATAN NEGARA
Sari
Penelitian Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan permainan curik-curik dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar Gugus VI Yudistira Kecamatan Negara Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian eksperimen ini termasuk jenis quasi eksperimen yang didesain dengan konsep Post Test Only Control Group. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus VI Yudistira Kecamatan Negara dengan jumlah populasi 238 orang. Sampel penelitian ini adalah Kelas Eksperimen yaitu kelas IV B dengan jumlah siswa 23 orang dan Kelas Kontrol yaitu kelas IV A dengan jumlah siswa 24 orang di SD Negeri 2 Kaliakah. Hasil tersebut diperoleh dari penentuan sampel melalui simple random sampling. Data dikumpulkan dengan metode tes dan instrumen berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 25 soal. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas IV SD Negeri 2 Kaliakah Kecamatan Negara, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan permainan curik-curik terhadap hasil belajar IPAS. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan permainan curik-curik yaitu 85,7 dengan standar deviasi 6,80, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional yaitu 76,8 dengan standar deviasi 6,34. Taraf signifikan t (tabel) dengan jumlah responden 45= 0,2876, sehingga dapat dilihat dari signifikansi yang dihasilkan pada uji-t dinyatakan bahwa 12,36 > 0,2876. Jadi, dengan demikian model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan permainan curik-curik mempunyai pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar Gugus VI Yudistira Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2022/2023.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v4i1.4544
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.