PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN PERMAINAN KELERENG TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA
Sari
Studi ini menelaah terkait pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan permainan kelereng terhadap minat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD. Jenis darstudinyaitu eksperimen semu dengan design ialah post-test only control group design. Populasstudinsebanyak 160 siswa kelas IV SD Gugus V Kecamatan Buleleng. Dengan sampel yang dipilih menggunakan metode simple random sampling yaitu 31 siswa kelas IV SD Neger3 Kalintu sebagakelas eksperimen dan 34 siswa kelas IV SD Neger4 Kaliuntu sebagakelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, obervasi, kuesioner, dokumentasi, dan studdokumentasi. Seluruh data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistic deskriptif, ujprasyarat, dan ujhipotesis (uji-t) dengan bantuan SPSS 25.00. Maka daritu berdasarkan atas hasil olah data tersebut didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan permainan kelereng terhadap minat belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Buleleng.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v4i1.4543
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.