PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN DRAMA JAYAPRANA LAYONSARI TERHADAP KOMPETENSI KETERAMPILAN BERBICARA DALAM BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD N 1 POHSANTEN KABUPATEN JEMBRANA

Ni Komang Ayu Ratna Ningsih, I Gede Agung Jaya Suryawan, Gusti Ngurah Arya Yudaparmita

Sari


Fokus penelitian ialah menganalisis pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan drama jayaprana layonsari terhadap kompetensi keterampilan berbicara dalam bahasa indonesia siswa kelas IV SD N 1 Pohsanten Kabupaten Jembrana. Penelitian berlandaskan paradigma kuantitatif yang berjenis eksperimen semu dan menggunakan desain pretes dan postes. Populasi berjumlah 36 siswa dari SD Negeri 1 Pohsanten (kelas IV). Random sampling dipergunakan dalam pemilihan sampel, diperoleh IV A (control class) dan IV B (experiment class). Data primer didapatkan dengan mempergunakan instrumen tes yang telah dianalisa kevalidan dan kehandalannya. Hipotesis dibuktikan kebenarannya dengan mempergunakan uji statistik parsial (uji-t). Berdasarkan analisis, didapatkan nilai thitung > ttabel. Oleh karenanya, dapat digeneralisasikan bahwasanya kompetensi keterampilan berbicara siswa yang dibelajarkan mempergunakan model pembelajaran Role Playing berbantuan Drama Jayaprana Layonsari lebih unggul.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v4i1.4542

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.