PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN DRAMA JAYAPRANA LAYONSARI TERHADAP KOMPETENSI KETERAMPILAN BERBICARA DALAM BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD N 1 POHSANTEN KABUPATEN JEMBRANA
Sari
Fokus penelitian ialah menganalisis pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan drama jayaprana layonsari terhadap kompetensi keterampilan berbicara dalam bahasa indonesia siswa kelas IV SD N 1 Pohsanten Kabupaten Jembrana. Penelitian berlandaskan paradigma kuantitatif yang berjenis eksperimen semu dan menggunakan desain pretes dan postes. Populasi berjumlah 36 siswa dari SD Negeri 1 Pohsanten (kelas IV). Random sampling dipergunakan dalam pemilihan sampel, diperoleh IV A (control class) dan IV B (experiment class). Data primer didapatkan dengan mempergunakan instrumen tes yang telah dianalisa kevalidan dan kehandalannya. Hipotesis dibuktikan kebenarannya dengan mempergunakan uji statistik parsial (uji-t). Berdasarkan analisis, didapatkan nilai thitung > ttabel. Oleh karenanya, dapat digeneralisasikan bahwasanya kompetensi keterampilan berbicara siswa yang dibelajarkan mempergunakan model pembelajaran Role Playing berbantuan Drama Jayaprana Layonsari lebih unggul.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v4i1.4542
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.