PENGARUH MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMEN) BERORIENTASI PADA PERMAINAN SEPIT- SEPITAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI GUGUS VII KECAMATAN SUKASADA

Komang Budi Artini, I Putu Suardipa, L Heny Nirmayani

Sari


Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu: perbedaan minat belajar IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial) pada Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournamen) Berorientasi Permainan Sepit- sepitan pada siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian ini memakai jenis penelitian exsperimen semu. Jumlah populasi penelitian yaitu 161 siswa dan sampel penelitian sebanyak 50 siswa dibagi 30 siswa kelas percobaan serta 20 siswa kelas normal. Berdasarkan hipotesis yang telah diujikan pengkajian data dengan uji paired sampel t- test, didapatk jumlah responden untuk kelas exsperimen adalah df = n1 - 1 = 30 - 1 = 29 dengan taraf sig. 5% didapat nilai t-tabel yaitu 1,669. Berdasarkan hasil yang didapat dimana t-hitung> t-tabel yaitu 38,962 > 1,669 dan nilai Sig.(2- tailed)<0,05 (0,000< 0,05). Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan ditemukan perbedaan minat belajar IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial) pada Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournamen) Berorientasi Permainan Sepit- sepitan pada siswa Kelas IV sekolah dasar.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v4i1.4541

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.