PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ENE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5 SDN 1 BAKTISERAGA
Sari
Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran examples non examples atas peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas 5 SDN 1 Baktiseraga tahun ajaran 2021/2022. Metode survei yang dipakai yaitu riset kuantitatif quasi-eksperimental dan dikembangkan melalui desain survei pre-test post-test dengan menggunakan non-equivalent control group design. Besar sampel untuk penelitian ini adalah jumlah populasi 60 peserta didik dan dibagi menjadi dua kelompok, kelas 5A dengan 28 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas 5B dengan 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Saat menghitung analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif, uji hipotesis t. Hasil perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa kedua kelas menunjukkan t-hitung sebesar 5,197 > t-tabel sebesar 2,000 X = 5%. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA kelas 5 SD Negeri 1 Baktiseraga berbeda antara siswa yang diajar dengan model yang belum pernah ada dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v4i1.4540
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.