PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ALC BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA SISWA KELAS 4 SD GUGUS 3 DESA TEJAKULA TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Sari
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui : pengaruh yang signifikan model ALC berbantuan media quizizz terhadap literasi numerasi matematika siswa kelas
IV sekolah dasar. Jenis penelitian yaitu eksperimen semu. Jumlah populasi penelitian ialah 161 siswa dan sampel penelitian sebanyak 60 siswa dibagi 30 siswa kelas percobaan serta 30 siswa kelas normal. Berdasarkan hipotesis yang telah diujikan pengkajian data menggunakan uji paired sampel t-test, menunjukkan bahwa jumlah responden untuk kelas eksperimen adalah df = n1 - 1
= 29 signifikan 5% didapat nilai ttabel yaitu 2.045. Sehingga diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 12.338 > 2.045 dan nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 (0.000 < 0.05). Hal tersebut menunjukkan ditemukan perbedaan pengaruh yang signifikan literasi numerasi matematika siswa pada kelas eksperimen sebelum maupun setelah diberikan perlakuan Model Pembelajaran ALC berbantuan media quizizz terhadap literasi numerasi matematika siswa kelas 4 Sekolah Dasar.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v4i1.4539
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.