PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE BERORIENTASI TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berorientasi tri hita karana terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Melaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan quasi experiment yang dirancang dengan menggunakan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 81 orang dari peserta didik kelas IV SD Gugus II Kecamatan Melaya. Sebanyak 18 peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Melaya terpilih sebagai kelompok eksperimen, sementara 18 peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Melaya terpilih sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan teknik simple random sampling. Adapun instrumen yang digunakan adalah tes soal pilihan ganda. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Berdasarkan analisis data dapat dibuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPAS yang ditunjukkan melalui rata-rata hasil belajar peserta didik kelompok eksperimen adalah 82,35, sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik kelompok kontrol adalah 58,61. Hasil uji hipotesis mendapatkan thitung sebesar 8,425 dan ttabel sebesar 2,028 yang artinya thitung > ttabel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berorientasi tri hita karana memiliki pengaruh terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. (p<0,05; µ1>µ2).
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v4i1.4538
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.