PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) BERBANTUAN MEDIA KARTU PECAHAN BANGUN DATAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Maya Agrin Gayatri, Putu Sanjaya, I Putu Suardipa

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif Course Review Horay (CRH) terhadap pemahaman konsep matematika menggunakan media kartu pecahan datar. Populasi siswa kelas IV SD Negeri 2 Banyuning berjumlah 70 siswa, dan sampel penelitian eksperimen semu ini berjumlah 48 siswa. Data dianalisis menggunakan independent t-test untuk skor N-Gain. Dengan hasil pengujian data diperoleh thitung = 4,878 dengan df = n1 + n2 - 2 = 28 + 20 - 2 = 46 pada derajat yang sangat besar 5%, maka nilai ttabel adalah 2,013 . Dari perhitungan tersebut diketahui bahwa thitung>ttabel adalah 4,878 lebih dari 2,013 dan nilai Importance (2 diikuti) lebih kecil dari 0,05 (.000 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas IV SD Negeri 2 Banyuning yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbantuan media kartu pecahan datar memahami konsep matematika secara signifikan lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran tradisional.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v4i1.4537

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.