PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL CURIK-CURIKTERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Berbantuan Permainan Tradisional Curik-Curik Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Matematika SD Gugus IV Kecamatan Banjar Tahun 2022/2023. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kurangnya kemampuan literasi numerasi dalam pembelajaran matematika khususnya di kelas V. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan desaign post test only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Banjar Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 175 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SD N 1 Banjar yang berjumlah 30 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD N 9 Banjar yang berjumlah 27 orang sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah kemampuan liteasi numerasi matematika. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu test pilihan ganda yang diberikan saat post-test. Data yang dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji t varians polled berbantuan aplikasi Microsoft excel 2016, for Widows. Hasil analisis data menujukkan rata-rata nilai kelompok eksperimen 20,4 dan kelompok control 19,70 Berdasarkan uji t-test menggunakan rumus polled varians diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,461 > 2,005 Hal ini membuktikan bahwa HO ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Berbantuan Permainan Tradisional Curik-Curik Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Matematika SD Gugus IV Kecamatan Banjar
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v4i1.4536
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.