PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 POHSANTEN

Ni Putu Dian Novriyani, I Gusti Ayu Desy Wahyuni, Gusti Ngurah Arya Yudaparmita

Sari


Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh paradigma pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar saintifik pada siswa kelas V SDN 1 Pohsanten. Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan yaitu prosedur pembelajaran saintifik yang ada di SD Negeri 1 Pohsanten belum optimal. Perihal ini dikarenakan terdapat banyak kendala yakni: 1) Pembelajaran masih memakai model buku, 2) Pembelajaran masih memakai pendekatan ceramah sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi, 3) Pembelajaran masih belum membawa siswa buat belajar secara langsung dengan Dunia alami. Sehingga persoalan ini belum sanggup menumbuhkan gairah, motivasi, keaktifan dan perasaan senang siswa terhadap proses pembelajaran. Jenis riset ini ialah riset eksperimen semu mempergunakan Non-Equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi riset ini ialah keseluruhan siswa kelas V SD Negeri 1 Pohsanten yakni 60 anak. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan mempergunakan pendekatan simple random sampling karena anggota populasi dipilih dengan cara pegundian. Selanjutnya buat tahun pelajaran 2021/2022 kelas VA dipilih dengan 20 siswa menjadi golongan eksperimen dan kelas VB dengan 20 siswa menjadi golongan kontrol di SD Negeri 1 Pohsanten. Instrumen ujian objektif (pilihan ganda) dipergunakan buat mendapatkan data ata hasil belajar saintifik siswa. Berlandaskan output pemeriksaan diperoleh hasil thitung sebesar 8,403 > ttabel 2,024. Dari rerata hitung diketahui bahwa rerata hasil belajar IPA golongan eksperimen adalah 84,10, sebaliknya rerata hasil belajar IPA golongan kontrol adalah 68,10 sehingga rata-rata hasil belajar IPA golongan eksperimen lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar IPA golongan eksperimen. rata-rata hasil belajar. Golongan kontrol IPA (84.10 > 68.10). Jadi model pembelajaran Picture and Picture berpengaruh akan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Pohsanten, maka bisa diambil simpulan yakni terdapatnya perbedaan yang signifikan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Pohsanten

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v4i1.4535

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.