PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERORIENTASI PERMAINAN BOLA BEKEL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA
Sari
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menelaan terkait pengaruh model pembelajaran scramble berorientasi permainan bola bekel terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Research). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I di SD Gugus II Kecamatan Kubutambahan dengan jumlah siswa 233. . Dalam penelitian ini digunakan metode pemilihan sampel yaitu dengan Simple Random Sampling dan didapatkan hasil SD Negeri 2 Kubutambahan sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri 4 Kubutambahan sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi, studi dokumentasi, dan tes. Analisis data terdiri dari statistic deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis (uji-t) dengan bantuan SPSS 25.00. Berdasarkan atas hasil pengolahan data didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran scramble berorientasi permainan bola bekel terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas I SD Gugus II Kecamatan Kubutambahan.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v4i1.4534
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.