PENGARUH MODEL INDEX CARD MATCH (ICM) BERBANTUAN PERMAINAN MEONG-MEONG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MAPEL IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR DI DESA BALUK JEMBRANA

I Ketut Gede Wirasanjaya, I Made Ariasa Giri, Made Adi Nugraha Tristaningrat

Sari


Fokus penelitian adalah menganalisis pengaruh model pembelajaran index card match berbantuan permainan meong-meong terhadap hasil belajar siswa pada mapel IPAS kelas IV sekolah dasar di Desa Baluk Jembrana. Quasi experiment dengan posttest control group design digunakan dalam penelitian. Jumlah populasi keseluruhan 108 orang, selanjutnya dengan random sampling didapatkan kelas IV SD N 4 Baluk (kelompok eksperimen) dan kelas IV SD N 2 Baluk (kelompok kontrol). Wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang diaplikasikan dalam penelitian. Instrumen tes dievaluasi melalui validity test, reliabillty test, daya beda soal, dan daya sukar. Sementara itu, uji-t dipakai untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis didapatkan thitung >ttabel yaitu 6,714 > 2,022. Hal ini berarti ada perbedaan terhadap hasil belajar IPAS antara siswa dibelajarkan dengan model index card match berbantuan permainan meong-meong dengan siswa tidak dibelajarkan dengan model index card match berbantuan permainan meong-meong untuk kelas IV sekolah dasar di Desa Baluk Jembrana.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v4i1.4533

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.