PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM MATERI BANGUN RUANG KELAS V DI SD NEGERI 02 BENGKAYANG

Nurlia Ika Putri, Trisniawati ., Mahmudah Titi Muanifah, Trio Ardhian

Sari


Penelitian ini bermaksud guna mengevaluasi peningkatan keaktifan belajar matematika melalui penggunaan media pembelajaran Powtoon pada siswa kelas V di SD Negeri 02 Bengkayang. Hipotesis tindakan pada penelitian ini yakni bahwa media pembelajaran Powtoon mampu mendorong keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Bengkayang pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang dipergunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penerapan model Kemiis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan pada semester 1 tahun ajaran 2022/2023 dengan melibatkan seluruh siswa kelas V dengan total 34 siswa. Fokus penelitian adalah bagaimana penggunaan media pembelajaran Powtoon mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa, yang terukur melalui peningkatan rata-rata poin dan persentase pada setiap siklus pembelajaran. Dalam hasil penelitian ini, terdapat peningkatan signifikan pada berbagai indikator keaktifan belajar siswa. Antusiasme siswa untuk mengikuti pembelajaran meningkat dari 81% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II, interaksi siswa dengan guru naik dari 78% menjadi 82%, kerjasama kelompok dari 82% menjadi 83%, aktivitas dalam kelompok dari 79% menjadi 85%, dan keterlibatan siswa untuk menyimpulkan hasil pembahasan dari 81% menjadi 83%. Rata-rata persentase dari seluruh aspek pada siklus I yakni 80% dan meningkat menjadi 84% pada siklus II. Atas dasar tersebut, penggunaan bahan pembelajaran Powtoon terbukti mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika. Hal tersebut mendorong perlunya penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi media pembelajaran lain yang dapat mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar-mengajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alkusaeri. 2013. Pengembangan Program Pembelaaran Matmatika. Banjarnegara: Yazido Press

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto,Suharsini, dkk. 2008. Peneltian Tindakan Kelas. Bandung: Bumi Aksara

Arumningtyas,D. P., 2020. Pengembangan Media Pemelajaran Dengan Aplikasi Powtoon. Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 08 (01), 667-673

Asmani, J. M. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Perss

Awalia, I. A. S. 2019. Pengembangan Media Pembelajran Anmasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal Matematika, Volume 10, Nomor 1, Halaman 53-55

Azhar,A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Cecep, K., dan Bambang, S. 2013. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Deliviana, E. 2017. Aplikasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran: Manfaat dan Problematikanya. Journal of Chemical Information and Modealing, 1689-1699

Graham, Bruce. 2015. Power Up Your Powtoon Studio Project. Birmigham: Packt Publishing

Kholilurrohmi, I. 2017. Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Video Powtoon Pada Mata Pembelajarn Kimia Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Semester I SMAN 1 Pleret. Universitas Negeri Yogyakarta

Martens, A.M., dan Gainous, J. 2013. Civic Education and Democratic Capacity: How do teachers teach and what works? Social Science Quarterly, 94(4), 956-976. https://doi.org/10.1111/i.1540-6237.2012.00864.x

Muhibbinsyah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Naziah, S.T., Maula, L. H., dan Sutisnawati, A. 2020. Analilisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal JPSD (Pendidikan Sekolah Dasar), 7(2), 109-120

Nurhayati, E. 2020. Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Mdia Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145-150

Sakian, N. A., dan Effendi, K. N. S. 2021. Analisis Kebutuhan Multimeia Interaktif Berbasis Power Point Materi Aljabar pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39-48

Sardiman, A. M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sujana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Qurrotaini, L., Sari, T. W., dan Sundi, V. H. 2020. Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, E-ISSN: 27,7

Wiriaatmadja, R. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i2.3933

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.