PENERAPAN METODE LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA AGAMA HINDU PADA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 2 LADONGI

Lestari .

Sari


Keberhasilan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas sangat ditentukan oleh strategi pembelajaran. Oleh karena itu, setiap mengajar guru wajib menerapkan strategi atau metode tertentu dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untukĀ  meningkatkan Aktivitas dan Prestasi belajar pada mata pelajaran Agama Hindu pada siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Ladongi TP.2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang melibatkan siswa kelas X MIA yang berjumlah 16 orang siswa.Objek penelitian ini adalah Aktivitas dan Prestasi siswa belajar Agama Hindu . Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (6,46%), siklus II (80,06 %). Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Latihan dapat meningkatkan Aktivitas dan Prestasi siswa kelas X.MIA di SMA Negeri 2 Ladongi , serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Pendidikan Agama Hindu.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Sujanto. 1995. Bimbingan Ke Arah Belajar yang Sukses. Jakarta PT Rineka Cipta

Bakti. 2007. Penerapan Metode Drill dengan Pendekatan Siswa Aktif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu Pada Siswa Kelas I Semester II SD No. 1 Tukad Sumaga Kecamatan Gerokgak Tahun Ajaran 2006/2007.

Eni Armayanti. Penerapan Metode Latihan dengan Pendekatan Siswa Aktif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar.

Nurkancana, dkk. 1981. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Evaluasi Nasional

Roestiyah. 1990. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Radar Jaya Offset

Sudjana. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. PT Sinar Baru. Algesindo

Supardi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar

Suparti Luh. 2007. Penerapan Metode Latihan Berstruktur untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Aksara Bali pada Mata Pelajaran Bahasa Bali Siswa Kelas III SD No. 2 Tembok Kecamatan Tejakula




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i1.3873

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.