PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AGAMA HINDU PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TAWAMELEWE

Ni Wayan Astiti

Sari


Keberhasilan proses belajar mengajar di dalam kelas ditentukan oleh strategi pembelajaran. Oleh karena itu, setiap mengajar guru wajib menerapkan strategi atau metode tertentu dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar agama Hindu pada siswa kelas IV SD Negeri Tawamelewe semester I tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas IV yang berjumlah 11 orang siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar agama Hindu. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,83%), siklus II (80,56 %), siklus III (85,36, %). Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media gambar pada model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Pendidikan Agama Hindu.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arif, S., Sadiman. 2010. Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Reneka Cipta

Arikunto, S., Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar, 2005 Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Dimyati & Mudjiono .1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pt Rineka Cipta

Kunandar.2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Lestari, Suci. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi dan Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tumbu Karangasem. Jurnal Penjaminan Mutu, Vol.4, No.1

Purwanto.2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sri Anitah .2009.Media Pembelajaran. Surakarta: Mata Padi Prasindo

Sofan Amri dan Iif Khoiru.A.2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Invatif dalam Kelas. Jakarta; Prestasi Pustaka.

Sudjana, N. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyno.2007 Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta

Sugiyno. 2010. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i1.3872

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.