PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN PERMAINAN MEGOAK GOAKAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV

I Gusti Bagus Widya Pratama, I Komang Wahyu Wiguna, L. Heny Nirmayani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak Model Project Based Learning Berbantuan Permainan Megoak-Goakan terhadap pemahaman konsep Pendidikan Pancasila pada siswa kelas IV SD di Desa Suwug. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep Pendidikan Pancasila, terutama pada kelas IV. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling, dengan kelas IV SD N 1 Suwug sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD N 4 Suwug sebagai kelompok kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal essay yang diberikan saat post-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai pada kelompok eksperimen adalah 81,40 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 54,54. Berdasarkan uji t-test menggunakan rumus polled varians, diperoleh nilai thitung > ttabel, yaitu 10,10 > 2,01. Hal ini menunjukkan penolakan H0 dan penerimaan Ha, sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Project Based Learning Berbantuan Permainan Megoak-Goakan memiliki pengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep Pendidikan Pancasila pada siswa kelas IV SD di Desa Suwug.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahyar, Hardani, dkk. 2020. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Arisa, Nuri. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Aritmatika Sosial. Hamual Seram: IAIN Ambon.

Basmala. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPS Murid Kelas IV SD Inpres Tinggimae. Gowa: Universitas Muhammadiyah Makasar.

Handayani, Ni Nyoman Lisna & Suardipa I Putu. 2020. Statistik Pendidikan. Jawa Tengah: CV. Pena Persada

Juwanita, Resti. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Pemahaman Konsep IPA Kelas IV SD N 1 Bumiayu Tahun Pelajaran 2019/2020. Lampung: IAIN Metro.

Rachmania, Murni. 2022. Penerapan Model Project Based Learning Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Akhlak Mulia Pada Peserta Didik Kelas V MI Nurul Huda Palmerah Jakarta Barat. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Winangun, I. M. A. 2020. Media Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPA SD. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 65-72.

Wintari, Wiwik. 2018. Pengaruh Permainan Tradisional Megoak-goakan Terhadap Kemampuan Sosial-Emosional Anak Kelompok B TK Widya Mekar Sari Padangsambian Klod. Badung: Universitas Dhyana Pura.

Yudaparmita, G. N. A; Adnyana, K. S. 2021. Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Pada Peserta Didik. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 2. No 2: 183-190




DOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v3i2.3677

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.