PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) BERORIENTASI PERMAINAN KOTAK POS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA

Ketut Suryandani, L Heny Nirmayani, I Putu Suardipa

Sari


Kajian bertujuan mengetahui: pengaruh yang signifikan model SAVI berorientasi permainan kotak pos terhadap motivasi belajar pendidikan pancasila kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Jumlah populasi penelitian adalah 114 siswa dan sampel penelitian sebanyak 38 orang siswa dibagi menjadi dua, 19 siswa kelas percobaan dan 19 siswa kelas normal. Berdasarkan hipotesis yang telah diujikan pengkajian data menggunakan uji paired sampel t-test, menunjukkan jumlah responden untuk kelas eksperimen adalah thitung >ttabel yaitu 16,368 > 2,101. Hal ini menunjukkan ditemukan perbedaan pengaruh yang singnifikan motivasi belajar pendidikan pancasila kelas eksperimen sebelum maupun setelah diberikan perlakuan Model Pembelajaran SAVI berorientasi permainan kotak pos terhadap motivasi belajar pendidikan pancasila siswa kelas empat.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abda, MI, Muliana, M., & Fonna, M. (2020). Penerapan Pendekatan Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI) untuk Meningkatkan Keterampilan

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8 (3).

Arianti, A. 2019. Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12 (2), 117-134.

Cook, T. D. (1979). Quasi Experimentation Design& Analysis Issues For Field Setting. Boston: Houghton Mifflin Company.

Fatimah, W., Abustang, P. B., & Amaliyah, N. (2022M).odel Pembelajaran Inovatif Abad 21. Samudra Biru.

Fauzi, A. R., Octaviani, D., & Yukha, E. M. (2022). Inventarisasi Permainan Tradisional Sebagai Media Perkembangan Nilai Karakter pada Anak SD/MI. Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI), 1(1), 9-21.

Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Intellectual

Hayati, Siti Nur, and Khamim Zarkasih Putro. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 4.(1): 52- 64.

Irawan, R. J. (2022). Studi literatur: Efektivitas modifikasi dalam permainan tradisional pada eksistensi permainan anak era generasi z. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(01), 129-136.

Istiqomah, AN, Kurniawati, I., & Wulandari, AN (2020, Juni). Penerapan pendekatan pembelajaran somatik, auditori, visualisasi, intelektual (SAVI) untuk meningkatkan perhatian siswa terhadap pembelajaran matematika. Dalam Jurnal Fisika: Seri Konferensi (Vol. 1563, No. 1, hal. 012033). Penerbitan TIO. Hamzah B. Uno. (2007). Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta: Presiden Republik Indonesia. Kabupaten Tebo. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 193.

Kemdikbud. (2022). Capaian Pembelajaran. Diunduh 8 Desember 2022. http://kurikulum.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/2022/06/033_H_KR_2022 - Salinan-SK-Kabadan-tentang-Perubahan-SK-008-tentang- Capaian Pembelajaran.pdf.

Kompri.(2019). Motivasi Pembelajaran“perspektif guru dan siswa”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Komunikasi Matematika Siswa di SMK Negeri 1 Nisam. Jurnal Internasional untuk Studi Pendidikan dan Kejuruan , 2 (6).

Nadila, APN, & Wardani, AR (2022, Agustus). Kotak Pos Sastra: permainan pengembangan pengetahuan daya ingat bahasa dan sastra indonesia. Dalam SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, hlm. 922-929).

Nurcahya, A., & Hadijah, H. S. (2020). Pemberian penguatan (reinforcement) dan kreatifitas mengajar guru sebagai determinan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 83-96.

Octavia, M., Setia, L., Regina, S. D., Bogor, P., Studi, P., & Pendidikan, F. (2020). Kondisi Motivasi Belajar Rendah Dua Siswa Kelas Xi Sma Marie Joseph Kelapa Gading Tahun Ajaran 2018 / 2019. 18 (1), 44– 56.

Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Ipa Siswa Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar Negeri 01. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (3), 280 –286 Publication, 1 (3), 198-203.

Rachman, F., Nurgiansyah, T. H., & Kabatiah, M. (2021). Profilisasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kurikulum Pendidikan Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5), 2970-2984.

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Rizqullah, T. M., & Najicha, F. U. (2022). Pengimplementasian Ideologi Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara. Jurnal Kewarganegaraan, 6 (2), 2630-2633.

Sahara, R., & Sofya, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Flipped Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ecogen, 3(3), 419-431.

Samsurrijal, A. (2022). Permainan Tradisional Indonesia Sebagai Media Penanaman Nilai Moral Pada Siswa: Sebuah Studi Literatur. Nusantara Education, 1(1), 10-19.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Sihombing, C. (2023). Peran Orang Tua dan Guru Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN 091351 Pematang Purba. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5 (1), 2962-2966.

Sumarningsih, A., Parmajaya, I. P.G., & Yudaparmita, G. N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 1(1).

Undang-Undang Republik Indonesia. Nomor 20 Tahun 2003. Udang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyu, A., & Rukiyati, R. (2022). Studi literatur: Permainan tradisional sebagai media alternatif stimulasi perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 109-120.

Zahar, E., & Destian, M. M. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Savi Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 10




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i2.3675

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.