IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUSAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MUATAN IPA
Sari
Riset ini membahas tentang bentuk pembelajaran Group Investigation kepada perolehan belajar IPA anak didik kelas V SD Negeri 1 Astina tahun 2021/2022. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya upaya untuk membiasakan kemajuan teknologi kepada upaya dalam kenaikan kualitas pembelajaran, paling utama adaptasi penggunaannya untuk bumi pembelajaran spesialnya dalam bumi pembelajaran. Perolehan belajar IPA yang minim dialami anak didik kelas V SD Negeri 1 Astina, adapun permasalahan yang teridentifikasi sebagai berikut : 1). Siswa kurang aktif menanya dikala guru menerangkan modul serta anak didik cuma menanggapi dikala guru membagikan persoalan, 2). Anak didik kurang terbiasa berlatih mandiri, 3). Dalam aktivitas diskusi sebagai anak didik bersifat pasif, 4). Alat pembelajaran yang dipakai di kurang efektif. Tipe riset tergolong eksperimen semu (quasi experiment) di desain ke konsep pretest dan posttest. Sebanyak 52 orang siswa kelas V SD Negeri 1 Astina Kecamatan Buleleng Tahun 2021/2022 selaku populasi pada riset serta kelas V A yang terpilih jadi eksperimen adalah 26 orang serta kelas V B kelompok kontrol 26 orang menjadi sampel pada riset. Teknik perangkuman data pada riset memakai teknik dokumentasi yang dipergunakan untuk merangkum data yang di olah menggunakan SPSS versi 26. Bersumber tabel output Independent Samples Test terlihat t hitung ialah 3.509 serta t tabel dengan responden 52 ialah 2.007. Maka angka t hitung sejumlah 3.509 > t tabel 2.007. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa adanya perbedaan signifikan model pembelajaran group investigation dibantu alat audio visual kepada paerolehan belajar siswa dalam muatan pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Astina Kecamatan Buleleng Tahun 2021/2022.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ariadi, I. P., Renda, N. T., & Rati, N. W. (2014). Pengaruh Model pembelajaran group investigation (gi) terhadap hasil belajar ipa kelas iv. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1)
Arifin. J. (2017). SPSS 24 Untuk Penelitian dan Skripsi. Elex Media Kompitundo.
Darsana, I. M. P., Putra, I. K. A., & Kristiantari, M. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Journal of Education Technology, 3(3), 210-217.
Saputra, K. A., Tristaningrat, M.A.D., & Yudaparmita, G. N. A. Pengaruh Model Search, Solve, Create, Share Berbantuan Permainan Tradisional Congklak Terhadap Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SD Negeri 2 Banyuning. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD. Vol 3 No 1 2023.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Undang-Undang Repuplik Indonesia. Nomor 20 Tahun 2003. Undang-Undang Repuplik Indonesia. Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta :Presiden Republik Indonesia.
Purnami, D. A. K. D., Suweta, I. M., & Yudaparmita, G. N. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 2(1).12-13
Yunita, A. A. A. N. Y., Ganing, N. N., & Suardika, I. W. R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn 21 Dauh Puri.
DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i2.3674
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.