PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ni Komang Dewi, I Ketut Suparya, I Made Ari Winangun

Sari


Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD. Penelitian eksperimen ini termasuk jenis eksperimen semu yang didesain dengan konsep non equivalent post-test only control group design. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 127 orang yang merupakan siswa kelas IV SD Gugus Kecamatan Gerokgak. Kelas IV SD N 1 Pengulon yang berjumlah 21 orang terpilih sebagai kelompok eksperimen, sementara kelas IV SD N 2 Pengulon yang berjumlah 27 orang terpilih sebagai kelompok kontrol. Hasil tersebut diperoleh dari penentuan sampel melalui teknik random sampling. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas IV di Gugus 2 Kecamatan gerokgak, menunjukkan adanya pengaruh adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data menggunakan uji-t yang menunjukkan bahwa thitung sebesar 5,797 dan nilai ttabel dengan derajat kebebasan (dk) = 46 dan taraf signifikansi 5 % diperoleh nilai ttabel   = 2,013. Sehingga thitung> ttabel yakni 5,797 > 2,013. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan media konkret dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV sekolah dasar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, A. A. Gede. 2005. Konsep dan Teknik Analisis Data Hasil PTK. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Dewi, Gusti Ayu Helen Krisna. 2012. “Pengaruh Model Pembelajaran PMRI Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Semester II di Desa Jinengdalem Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2011- 2012”.Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan PGSD, Undiksha.

Japa, I. G. N. dan I Made Suarjana. 2012. Pembelajaran Matematika SD. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i2.3673

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.