PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Ni Made Dwi Bawa Anggarini, Putu Subawa, I Komang Surya Adnyana

Sari


Riset ini bermaksud buat ketahui apakah ada perbedaan yang penting diantara anak didik yang diajarkan melalui bentuk teams games tournament (TGT) dibantu alat gambar dengan anak didik yang diajarkan secara konvensional. Tipe riset ini ialah quasi exsperiment dengan konsep penelitian menggunakan post test only group design. semua anak didik kelas IV SD Negeri 2 Banjar Tengah Kabupaten Jembrana Tahun Ajaran 2022 sejumlah 37 anak didik menjadi populasi pada riset ini. Sampling jenuh dipakaiu untuk pengambilan sampel karena semua populasi berjumlah kurang dari 50 orang, maka sebanyak 18 siswa dari kelasIV A terpilih menjadi golongan eksperimen serta 19 siswa dari kelas IV B terpilih menjadi golongan kontrol. Dipergunakan tes sebagai teknik pengumpulan data pada riset ini. Instrumen tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda (objektif). Teknik analisa yang dipakai ialah analisa deskriptif kuantitatif. Bersumber dari perolehan riset yang didapatkan thitung sebesar 2,171 > ttabel 2,069. Dari rata-rata hitung, diketahui kalau rerata perolehan belajar belajar IPS kelompok eksperimen sejumlah 76,30 sedangkan rerata perolehan belajar IPS kelompok kontrol sejumlah 71,53 sehingga rerata perolehan belajar IPS kelompok eksperimen > dibandingkan rerata perolehan belajar IPS kelompok kontrol (76,30 > 71,53). Jadi model pembelajaran team games tournament (TGT) dibantu alat gambar berpengaruh kepada perolehan belajar IPS anak didik kelas IV SD Negeri 2 Banjar Tengah, sehingga bisa dirangkum kalau ada perbedaan yang penting Bentuk Pembelajaran team games tournament (TGT) dibantu alat gambar terhadap

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61. https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.3023

Budiastawa, Ketut Agus, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Di Gugus VIII Kecamatan Kubutambahan Tahun Pelajaran 2016/2017. Tersedia pada http://dx.aoi.org/10- 23887/jjpgsd.v2il.2529. Diakses pada tanggal 15 Februari 2022

Joniansyah.2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas III SD Negeri 12 Pontianak Selatan.Tersedia pada http://jurnaluntan.ac.id/index.php/article/view File/456/493. Diakses pada tanggal 15 Februari 2022

Koyan, I. W. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyanto. (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta:Yuma Pressindo.

Syofian Siregar. 2014. Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 26.

Yudaparmita, G. N. A., Kanca, I. N., Sudiana, I. K., & Dharmadi, M. A. (2023). Hybrid Learning on Pencak Silat Sport in Higher Education: Students’ Perception and Issues. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(1), 9–22. https://doi.org/10.33423/jhetp.v23i1.5781 DOI: https://doi.org/10.33423/jhetp.v23i1.5781

Zakiyantu, dkk. 2018. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media TTS terhadap hasil belajar siswa. Tersedia pada htt://www.jurnal.fhip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/3352.Diakses pada tanggal 15 Februari 2022.




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i2.3672

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.