PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Komang Meliani, I Ketut Ngurah Ardiawan, Ni Nyoman Kurniawati

Sari


Penelitian ini bermaksud untuk mencari tahu pengaruh peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Tejakula yang belajar dengan model pembelajaran discovery learning berbantuan permainan ular tangga. Metode kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu digunakan dalam riset ini, dengan desain penelitian post test group design. Riset ini melibatkan 169 siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Tejakula. Random sampling digunakan untuk menentukan sampel, 21 siswa dari SD Negeri 4 Penuktukan terpilih sebagai kelas eksperimen dan 16 siswa dari SD Negeri 1 Les terpilih sebagai kelas kontrol. Hasil yang didapatkan pada riset ini yaitu terdapat perbedaan yang signifikan trhadap hasil belajar dengan penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan permainan ular tangga pada mata pelajaran matematika Kelas V SD Gugus II Kecamatan Tejakula. Hal itu dilihat hasil uji-t dimana thitung > ttabel (7,237 > 1,689) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu, dilihat dari rerata hasil belajar Matematika siswa kelas eksperimen sebesar 78,33 sedangkan rata-rata hasil belajar Matematika siswa kelas kontrol sebesar 52,63 sehingga rerata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (78,33 > 52,63). Jadi model pembelajara discovery learning berbantuan permainan ular tangga berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Tejakula.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriyanti, L., Gunawan, A., & Noperman, F. (2019). Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SDN 51 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(1), 8-15.

Fatimah. (2009). Fun Math : Matematika Asyik Dengan Metode Pemodelan. Bandung: DAR!

Mizan Anggota Ikapi.

Hanafiah Nanang dan Cucu Suhana.( 2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Maya, R., Kartono, K., & Sugiyono, S. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 31 Pontianak Barat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(10).

Melsi, A. 2015. Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Virus di Kelas X Sekolah Menengah Atas Nusantara Indah Sintang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.

Mustafa, P.S. & Roesdiyanto, R. (2021). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme melalui Model PAKEM dalam Permainan Bolavoli pada Sekolah Menengah Pertama. Jendela Olahraga, 6(1), 50–65.

Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N.( 2017). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 91-94.




DOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v3i2.3671

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.