iPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOi iVISUALiTERHADAPi HASILiBELAJARiMATEMATIKAi iSISWAiKELASiViSD DI GUGUS IiMAJAPAHITi KECAMATAN PEKUTATAN
Sari
Sejak Februari 2022 Indonesia telah dilanda oleh pandemi covid-19 yang menyebabkan pembelajaran menjadi terhambat yang mengakibatkan terjadinya penurunan hasil belajar siswa terutama di mapel matematika. Penyebabnya yaitu penyampaian materi yang belum optimal dan kesulitan belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut perlu penggunaan TIK yang dapat dikombinasikan dengan media pembelajaran agar dapat membuat siswa memahami materi secara optimal dan menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengethui hasil belajar siswa setelah diberikan perlakukan dengan menggunakan media pembelajaran auydio visual pada siswa kelas V SD di Gugus I Majapahit Kecamatan Pekutatan. Dalam menganalisis rumusan masalah peneliti menggunakan teori symbol systems, dari G. Salomon. Siswa kelas V SD di Gugus I Majapahit Kecamatan Pekutatan dijadikan sebagai subjek penelitian. Teknik pengambilan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Rumus Pearson Product Moment digunakan untuk menguji validitas instrumen dan rumus alpha digunakan untuk menguji reliabilitas. Dalam mengalisis data menggunakan uji t, yang normalitas dan homogenitas datanya sudah diketahui. Kelas eksperimen memperoleh rata-rata pre-test 55,22 serta rata-rata posttest 60,22. Dalam uji t yang digunakan untuk menilai hipotesis penelitian mendapatkan nilai sig. 0,001 < 0,050. Berdasarkan uji hipotesis dapat dijelaskan penggunaan media pembelajaran audio visual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD di Gugus I Majapahit Kecamatan Pekutatan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Budiarti, iWida. i2017. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual TerhadapiHasiliBelajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Mts Ma’arif Nu 7iPurbolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017. Diakses pada Tanggal 2 Januari 2022 dari https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1819/1/Wida%20Budiarti%20-%201399901.pdf
ChotimahiIsfaiqotul. i2021. Analisis Tingkat Efektivitas MediaiPembelajaraniiOnlineiDiiEra PandemiiCovid-19 Terhadap Pemahaman Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin. Diakses pada http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/6446/2/E021171501_skripsi%201-2.pdf
Fujiyanto, iAhmad, idkk. i2016. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil BelajariSiswaiPadaiMateriiHubunganiAntariMakhlukiHidup. Diakses pada tanggal 28 Nopember 2021 dari https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/viewFile/3576/pdf
Halimah. 2017. PengaruhiMotivasiiBelajariSiswaiTerhadapiiPrestasiiiBelajariiPada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Payaraman Kabupaten Ogan Olir. Diakses pada Tanggal 2 Januari 2022 dari http://eprints.radenfatah.ac.id/2985/1/HALIMAH%20%28122101014%29.PDF
Iswara, Wiwin. 2018. PengaruhiBahaniAjariMuataniiLokaliiMengenaliiPotensiiBengkulu TerhadapiiHasiliiBelajariiiSiswa. Diakses pada tanggal 8 desember 2021 dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pgsd/article/view/5705/2785
Jusmiana, Andi &iHerianto. i2020. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil BelajariMatematikaiSiswaiiSmpiiDiiiEraiiPandemiiiCovid-19. Diakses pada tanggal 8 Desember 2021 dari https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/400/323
Komariah. 2021. Penerapan Metode Inquiri Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Konsep Bangun Ruang. Diakses pada tanggal 8 Desember 2021 dari https://www.neliti.com/id/publications/333663/penerapan-metode-inquiri-untuk-meningkatkan-prestasi-belajar-siswa-pada-konsep-b
Muslim, iBukhari. i2020. iPengaruhiPenggunaaniMediaiAudioiVisualiTerhadapiMinatiDan HasiliBelajariSiswaiPadaiTemai5iSubtemai1iKelasiIIIiSD. Diakses pada Tanggal 2 Januari 2022 dari http://repository.ummat.ac.id/1598/1/COVER-BAB%20III.pdf
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta
Lestari, Iis Dewi, dkk. i2018. iPenggunaaniMediaiAudio, iVisual, iDaniAudiovisualiDalam MeningkatkaniPembelajaraniKepadaiGuru-Guru. Diakses pada tanggal 8 Desember 2021 dari https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/2361/1791
Yanti, Darna, dkk. i2019. iPengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Seni Tari Tradisional Lumense Kelas VIII SMP Negeri 16 PoleangiiiTengah. Diakses pada tanggal 8 Desember 2021 dari https://media.neliti.com/media/publications/286846-pengaruh-penggunaan-media-audiovisual-te-fedbf4c2.pdf
Yudaparmita, GNA. Surya, Adnyana IK. 2021. Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Pada Peserta Didik. Edukasi:Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 2. No. 2, 2021
DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i2.3670
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.