PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW BERBANTUAN PERMAINAN GOBAK SODOR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PENDIDIKAN PANCASILA SISWA SD
Sari
Studi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think, Talk, Write) berbantuan permainan Gobak Sodor dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa kelas IV Gugus VI Kecamatan Sawan. Jenis studi ialah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan studi post-test only control group design. Seluruh siswa kelas IV SD Gugus VI Kecamatan Sawan sebanyak 155 siswa menjadi populasi pada studi ini, dan teknik simple random sampling menjadi teknik yang digunakan untuk menetukan sampel sehingga diperoleh SD Negeri 1 Sangsit sebagai kelas eksprimen sebanyak 36 siswa dan SD Negeri 1 Kerobokan sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 35 orang. Dalam studi ini meliputi observasi, wawancara, tes, dan studi dokumentasi dalam teknik pengumpulan data untuk menghimpun informasi tentang pemahaman konsep pada siswa. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 85,79, sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 65,39. Pengujian hipotesis didapatkan thitung sebesar 9,733, sedangkan ttabel sebesar 1,667 dan nilai Sig. (2-tailed) ialah sebesar 0,000. Hal ini berarti, thitung > ttabel (9,733 > 1,667) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi pemahaman konsep pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think, Talk, Write) berbantuan permainan Gobak Sodor dibandingkan siswa yang yang menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas IV Kecamatan Sawan memiliki perbedaan yang signifikan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Depdiknas. (2007). Pembelajaran Cooperative Learning. Jakarta. Kementrian Pendidikan NasionalHayati.,S.,N, & Putro.,K.,S. (2021). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini Generasi Emas. Jurnal internasional anak usia dini 4, (1): 52-64.
Kuswari.,U. (2010). Model pembelajaran dengan teknik Think, Talk, Write (TTW).
Terdapatdalam http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_DAERAH/195901191986 01
USEP_KUSWARI/MODEL_PEMBELAJARAN_MENULIS_DENGAN_TEKNIK_
THIK.pdf. (diakses pada tanggal 12 Februari 2023)
Nadila,.A,.P, & Wardani.,A.,R. (2022). Permainan Pengembangan Pengetahuan Daya Ingat Bahasa Dan Sastra Indonesia. DALAM SEMINAR NASIONAL SOCIAL SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA), Vol. 1, no. 1. hlm. 922-929
Nyimas.,A. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta:Dirjen Dikti Depdiknas.
Pratiwi, N,. & Sulistyowati, P. (2020). “Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study Berbantuan Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Pemahaman Konsep pada Pembelajaran Tematik Subtema Merawat Tumbuhan kelas II di SDN Tawangrejeni 03”. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA. Vol. 4, No. 1 (hlm. 346-351)
Sa’diyah, M. K., & Dewi, D. A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 6, No. 2 (hlm 9940-9945).
Sardiman.,A.,M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dan Kurikulum 2013.Yogyakarta:AR- RUZZMEDIA
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Triwiyanto,.T. (2017). Pengantar Pendidikan. Jakarta:PT.Bumi Angkasa
Turangan, L. W., & Reza, F. (2014). Seni Budaya dan Warisan Indonesia Olahraga & Permainan. Jakarta: PT Aku Bisa.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Winangun, I. M. A. 2020. Media Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPA SD. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 65-72.
DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i2.3669
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.