PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Ni Kade Dwi Wahyuni, I Ketut Suparya, I Ketut Ngurah Ardiawan

Sari


iPenelitian iini ibertujuan iuntuk imenentukan ikontras idalam ihasil ibelajar idalam imata ipelajaran iIlmu iPengetahuan iAlam iantara ikelompok isiswa iyang idibelajarkan idengan imodel ipembelajaran iTGT i(Teams iGames iTournament) iberbantuan imedia iaudio ivisual dan ikelompok isiswa iyang idibelajarkan idengan imodel ipembelajaran ikonvensional ipada imata ipelajaran iIPA ikelas iV iSekolah iDasar idi iGugus iI iNakula tahun ipelajaran i2021/2022 iKecamatan iNegara. Populasi ipenelitian iini iadalah ikelas iV idi iGugus iI iNakula iKecamatan iNegara itahun ipelajaran i2021/2022 iyang iberjumlah i226 iorang. iSampel ipenelitian iini iadalah ikelas ikontrol iyaitu ikelas iV di iSD iNegeri i2 iBanjar iTengah iyang iberjumlah i31 iorang idan ikelas ikontrol iyaitu ikelas iV idi iSD iNegeri i3 iBanjar iTengah iyang iberjumlah i29 iorang. iInformasi idikumpulkan idengan imemanfaatkan iteknik ites idan iberbagai iinstrumen ikeputusan idengan ijumlah i25 ipertanyaan. iInformasi iyang idikumpulkan idiperiksa imenggunakan iinvestigasi iterukur iyang iberbeda idan iwawasan iinferensial i(uji-t). iDilihat idari ihasil ipengujiannya, ibesarnya itingkat it i(tabel) idengan ijumlah iresponden i58 i= i0,2542, isehingga isangat ibaik idapat idilihat idari ikepentingan iyang idihasilkan ipada iuji it idinyatakan ibahwa i1,729 i> i0,2542. iOleh ikarena iitu, imodel ipembelajaran iTGT i(Teams iGames iTournament) iyang idibantu idengan imedia iumum iberpengaruh iterhadap ipengembangan ilebih ilanjut ihasil ibelajar isiswa ipada imata ipelajaran iIPA ikelas iV iSD iGugus iI iNakula iKecamatan iNegara iKabupaten iJembrana iTahun iPelajaran i2021/2022.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardiawan, I Ketut Ngurah. (2019) Implementasi Pendekatan Inkuri Terbimbing Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya ke-1.STAH Mpu Kuturan Singaraja.

Ibrahim, M. dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Malawi, I. & dkk. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi. Jawa Timur: CV. AE MEDIA GRAFIKA.




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i2.3656

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.