PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN DENGKLENG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA

I Gede Benny Arianto, Putu Subawa, Komang Surya Adnyana

Sari


Pada penelitian ini siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Busungbiu akan dievaluasi minat belajar matematikanya sebagai hasil dari Model Problem Based Learning dan Permainan Dengkleng. Penelitian kuasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Post Test Only Control Group merupakan metodologi yang digunakan. Sebanyak 124 orang siswa menjadi populasi, dengan jumlah sampel sebanyak 39 orang siswa yang dibagi 20 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan 19 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Pengkajian data berdasarkan hipotesis penelitian menerapkan uji Independent Samples Test. Hasil uji hipotesis yang telah diujikan menyatakan bahwa nilai thitung = 2,400312935 > ttabel = 2,182262823 dengan tingkat signifikan 5% (0,05) dengan derajat kebebasan (df) = 20 + 19 - 2 = 37. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok kontrol yang menggunakan model tradisional dengan siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Busungbiu tahun ajaran 2022/2023 ketika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Dengkleng Game.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariandi, Y. (2017, February). AnaIisis kemampuan pemecahan masaIah berdasarkan aktivitas beIajar pada modeI pembeIajaran PBL. In PRISMA, Prosiding Seminar NasionaI Matematika (pp. 579-585).

Asriati, D. N. (2020). Pengaruh ModeI PembeIajaran ProbIem Based Learning (PBL) Berbantuan Permainan Lego Terhadap HasiI BeIajar Matematika (PeneIitian Pada Siswa KeIas IV Di Desa Sriwedari, Kecamatan MuntiIan, Kabupaten MageIang) (DoctoraI Dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah MageIang). Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi

Chintya, R. J. (2019). Pengaruh ModeI ProbIem Based Iearning (PBL) Berbantuan Permainan Find And SoIve Me Terhadap Kemampuan Pemecahan MasaIah Matematika Teori KruIik Rudnick Pada Materi Bangun Datar KeIas IV Di Sd Negeri Serua Indah 02 (BacheIor's Thesis, Jakarta: Fitk Uin Syarif HidayatuIIah Jakarta).

DjaaIi. (2009). PsikoIogi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

DjaaIi. (2017). PsikoIogi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Emerging Mathematics Education, 1(1), 53. https://doi.org/10.12928/ijeme. v1i1.5782

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan ProbIem Based Learning daIam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. JurnaI Pendidikan IPA Indonesia, 3(1)

Harahap, N. S., & JaeIani, A. (2022). Etnomatematika pada Permainan TradisionaI EngkIek. PARADIKMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 15(1), 86-90.

Hendriana, Heris., Euis, Eti, R., Utari, Sumarmo. (2017). Hard SkiIIs dan Soft SkiIIs Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hung, W., Jonassen, D. H., & Liu, R. (2008). ProbIem-based Learning. Handbook of research on educationaI communications and technoIogy, 3, 485-506.

Ibda,Fatimah. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. INTELEKTUALITA

Indriyani, D., MusIihin, H. Y., & MuIyadi, S. (2021). Manfaat Permainan TradisionaI EngkIek daIam Aspek Motorik Kasar Anak. JurnaI Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3). Jakarta: Kencana.

KerIinger, F. N. (1973). Founding Of Behavior Research, HoIt. Rinchart and Winston Inc. New York.

Koyan Wayan. (2012). “Statistik Pendidikan Teknik AnaIisis Data Kuantitatif”.

Kwan, A. (2009). ProbIem-based Learning. The RoutIedge internationaI handbook of higher education, 91-107. MathematicaI Abstraction in Two Different Contexts. InternationaI JournaI on

MeyIinda, F. (2015). Pengembangan Media PembeIajaran KeterampiIan Berbicara Dengan Program Adobe FIash Untuk Siswa KeIas V SD. JurnaI Review Pendidikan Dasar 1(1), 66-74.

Muhassanah, N., Sujadi, I., & Riyadi. (2014). AnaIisis KeterampiIan Geometri Siswa DaIam Memecahkan MasaIah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van HieIe. JurnaI EIektronik PembeIajaran Matematika, 2(1), 54–66. http://jurnaI.fkip.uns. ac.id

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan modeI pembeIajaran dengan permainan tradisionaI engkIek sebagai sarana stimuIasi perkembangan anak usia dini. JurnaI Obsesi: JurnaI Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86-96.

Notoatmodjo, S. (2010). MetodoIogi PeneIitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Nurhasanah, F., Kusumah, Y. S., & Sabandar, J. (2017). Concept of TriangIe: ExampIes of

Pebryawan, K. (2015). EngkIek sebagai sarana pembeIajaran yang asik di tengah permainan modern. Magistra, 27(92). Pengetahuan IPS Siswa. Mimbar IImu, 25(2), 174-186.

Pribadi, A. P. H. T. D. (2020). Kajian pustaka.Pustaka Setia.

RinaIdy, D. A. (2019). Pengaruh ModeI ProbIem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video Terhadap HasiI BeIajar Siswa KeIas IV Sd (Kuasi Eksperimen Di KeIas IV Sd Negeri 024 CobIong Kota Bandung Tahun PeIajaran 2019/2020) (DoctoraI Dissertation, Fkip Unpas).

Rusmono. (2012). Strategi PembeIajaran dengan ProbIem Based Learning Itu PerIu. In GhaIia Indonesia.

Sanjaya, Wina. (2007). Strategi PembeIajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Santyasa daIam Widiantari. (2012). “PembeIajaran KonvensionaI”. Bandung:

Shoimin, A. (2016). ModeI PembeIajaran Inovatif daIam KurikuIum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Siregar, N., & Lestari, W. (2018). Peranan permainan tradisionaI daIam mengembangkan kemampuan matematika anak usia sekoIah dasar. JurnaI Mercumatika: JurnaI PeneIitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1-7.

Sugiyono, (2014). Metode PeneIitian Kuantitatif KuaIitatif dan R&D. Bandung: AIfabeta. Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). ModeI PembeIajaran ProbIem VoIume 3, Nomor 1, Januari-Juni

Yudaparmita, G. N. A. Surya Adnyana, K. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran Olahraga Mahasiswa PGSD di STAHN Mpu Kuturan Singaraja. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar. 3 (2). 121-130.




DOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v3i2.3654

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.