MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING CYCLE BERORIENTASI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR MATEMATIKA

Komang Pitriani, I Putu Suardipa, Putu Ida Arsani Dewi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemahaman konsep matematika siswa kelas empat SD setelah diajar dengan model Accelerated Learning Cycle yang berorientasi pada permainan tradisional Congklak. Penelitian ini mengunakan 217 siswa dari salah satu sekolah dasar, SD N 2 Anturan, dengan jumlah sampel sebanyak 33 siswa. Desain penelitian ini adalah eksperimen semu, dan tes serta dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan dan mengorganisir data. Validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, uji-t sampel berpasangan, dan uji-t independen adalah beberapa strategi penanganan informasi yang digunakan. Dengan menggunakan uji-t sampel berpasangan, kami dapat menentukan bahwa thitung > ttabel 9,125 > 1,694. Hal ini mendeskripsikan bahwa siswa di kelompok eksperimen mendapatkan manfaat yang besar dari model Accelerated Learning Cycle yang berorientasi pada Permainan Tradisional Congklak, dibandingkan dengan kinerja mereka sebelum dan sesudah perlakuan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, Nurul Widya, Ari Susandi, and Devy Habibi Muhammad. (2021) "Permainan tradisional sebagai sarana mengembangkan kemampuan fisik motorik anak dan nilai-nilai pendidikan Islam di PAUD Kamboja Probolinggo." FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman 12.02: 33-44.

Ainia, Dela Khoirul. (2020). "Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembanagan pendidikan karakter." Jurnal Filsafat Indonesia 3.3: 95-101.

Amalina, Amalina. (2020). "Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19 Tahun 2020." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1: 538-548.

Anderha, Refiesta Ratu, and Sugama Maskar. (2020). "Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial." Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 1.2: 1-7.

Anggraeni, D. R., Bintoro, H. S., & Rahayu, R. (2022). Efektivitas Model Accelerated-Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Bangun Ruang (Abaru) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT) (pp. 87-101).

Annisa, Rahma, and Erwin Erwin. (2021). "Pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar." Jurnal Basicedu 5.5: 3660-3667.

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidispliner. Penerbit Pena Persada, Purwokerto.

Aziza, Farida Nur, dan Muhammad Yunus. (2021). "Peran orang tua dalam membimbing anak pada masa study from home selama pandemi Covid 19." UrbanGreen Conference Proceeding Library.

Basa, Zahra Alhumairah, and Hudaidah Hudaidah. (2021)."Perkembangan pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika siswa smp pada masa pandemi covid-19." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3.3: 943-950.

Fayudha, B. R. (2021). Pengaruh Model ALC Berbantuan Aplikasi Lingmat terhadap Minat Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Festiawan, Rifqi. (2020). "Belajar dan pendekatan pembelajaran." Universitas Jenderal Soedirman : 1-17.

Fydarliani, Dina, H. Yusuf Muslihin, and Sima Mulyadi. (2021). "Permainan congklak dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak usia dini." JCE (Journal of Childhood Education, 5 (1), 214–223.

Handayani, M. W., Hartini, H., & Listiani, I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Accelerated Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1561-1568.

Humairo, Vira Muthia, and Zahrina Amelia. (2021). "Peningkatan kemampuan berhitung awal melalui modifikasi bentuk permainan congklak." Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) 3.1: 19-30.

Indaryanti, Indaryanti, et al. (2019) "Analisis kesesuaian indikator terhadap kompetensi dasar pada pelajaran Matematika oleh guru sekolah menengah Palembang." Jurnal Gantang 4.2 : 103-109.

Jayanti, Indriani, Nurdin Arifin, dan Dedi Rahman Nur. (2020). "Analisis faktor internal dan eksternal kesulitan belajar matematika kelas V." SISTEMA: Jurnal Pendidikan 1.1: 1-7.

Kusuma, Arie Purwa, Rochmad Rochmad, dan Isnarto Isnarto. (2021). "Penerapan Model Accelerated Learning Cycle terhadap Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Spasial." PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Vol. 4.

La'ia, Hestu Tansil, and Darmawan Harefa. (2021). "Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa." Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7.2 : 463-474.

Lubis, Ade Evriansyah, et al. (2021) "Sosialisasi Permainan Tradisional Untuk Siswa SD di SDN 104202 Bandar Setia." Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education) 1.2: 165-171.

Maftuhah, Izzatul. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran ALC (Accelerated Learning Cycle) untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII MTs NU Salafiyah Kenduren. Diss. IAIN KUDUS.

Marisya, Aulia, and Elfia Sukma. (2020). "Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli." Jurnal Pendidikan Tambusai 4.3: 2189-2198.

Maryati, Sri, and Wulan Nurlaela. (2021). "Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini." PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4.02: 49-61.

Mulyani, Fitri, and Nur Haliza. (2021). "Analisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam pendidikan." Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 3.1: 101-109.

Mulyati, Sri, dan Hanif Evendi. (2020). "Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP." GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika 3.1: 64-73.

Nur, Fadlia. (2021). "Pengaruh Model Accelerated Learning Cycle (Alc) Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar." Skripsi 1.703517028.

Prasetyo, E. d. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Terhadap Minat Belajar Matematika (MTK) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 1(2), 111–119.

Solihah, Ira, and Ikin Asikin. (2021). "Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Terkait Keutamaan Rasa Malu dalam Kitab Adab Riyadhush Shalihin." Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam: 57-62.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. J Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar

Widyastuti, Ana. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, Bdr. Elex Media Komputindo.

Yamin, Muhammad, dan Syahrir Syahrir. (2020). "Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran)." Jurnal ilmiah mandala education 6.1.




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i1.3073

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.