PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV
Sari
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang perbedaan signifikan yang terdapat di masing-masing siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL (problem based learrning) dengan siswa yang diajar secara konvensional. Adapun jenis dalam penelitian ini yaitu quasi exsperiment dengan rancangan penelitian menggunakan post test only group design. Pada penelitian ini populasi yang termasuk kedalamnya adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Candikusuma Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2022 sejumlah 38 siswa. Sampel inidiambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh karena total semua populasi berjumlah kurang dari 50 orang, maka dari itu sebanyak 23 siswa dari kelasIV A dipilih dan dijadikan sebagai kelompok eksperimen serta sejumlah 15 siswa dari kelas IV B akan dipilih sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan studi dokumentasi. Adapun Instrumen tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda (objektif). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh hasil thitung sebesar 2,171 > ttabel 2,069. Dari jumlah rata-rata hitung, diketahui bahwa rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen adalah sebesar 76,30, sedangkan rata-rata hasil belajar IPA kelompok kontrol adalah sebesar 71,53 sehingga rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen lebih besar jika dibandingkan rata-rata hasil belajar IPA kelompok kontrol (76,30 > 71,53). Jadi Model Pembelajaran Problem Based Learrning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Candikusuma Kecamatan Melaya, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari Model Pembelajaran Problem Based Learrning terhadap mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Candikusuma Kecamatan Melaya.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Hermayanti. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn di MI NW Kawo Lombok. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Mataram. Tersedia pada https://repository.ummat.ac.id/411/. Diakses pada tanggal 29 Nopember 2021.
Istanti, Rini. 2016. Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Motivasi belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gadingan Kecamatan Wates. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Khaeruddin, dkk. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Konsep dan Implemenasinya di Madrasah. Jogjakarta. Nuansa Askara
Khotimah, Khusnul. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Tersedia pada http://repository.radenintan.ac.id/4199/. Diakses pada 5 Desember 2021.
Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: AswajaPressindo.
Nurhadi, dkk. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemandirian BelajarSiswa Dalam Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Jurnal: 5(2), 25-56.
Pratiwi, Utami Dyah. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Muatan IPA Tentang Morfologi Tumbuhan di SD Tarakanita Bumijo Yogyakarta. Skripsi. Universitas SanataDharma Yogyakarta. Tersedia padahttps://repository.usd.ac.id/23835/2/141134123. Diakses pada 28 Nopember 2021.
Sanjaya. 2007. Metode Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Setiawan, E.W.E. dan Rusmawan, N.E. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Memperbaiki Miskonsepsi Siswa Tentang Materi IPA Kelas V SD Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:ALFABETA
Sulistyorini, Sri. 2007. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Semarang: CV Tiara Wacana.
Yudaparmita, G. N. A. Adnyana, K. M. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran Olahraga Mahasiswa PGSD di STAHN Mpu Kuturan Singaraja. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar. Jilid 3, Terbitan 2. Hal. 121-130. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/view/2477
DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i1.2974
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.