PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOLE (SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 PENGAMBENGAN
Sari
Penelitian Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Enviroments) berbantuan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri 1 Pengambengan Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil observasi awal yang peneliti lakukan di SD Negeri 1 Pengambengan bahwa terdapat masalah yaitu rendahnya hasil belajar siswa yang dipengaruhi oleh kurangnya semangat siswa dalam pembelajaran hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang inovatif. Penelitian ini termasuk jenis quasi eksperimen yang didesain dengan konsep Post Test Only Control Group . Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 57 orang yang merupakan siswa kelas V SD Negeri 1 Pengambengan Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana. Kelas V (A) SD Negeri 1 pengambengan yang berjumlah 28 siswa terpilih sebagai kelompok eksperimen, sementara Kelas V (B) SD Negeri 1 pengambengan berjumlah 29 siswa terpilih sebagai kelompok kontrol. Hasil tersebut diperoleh dari penentuan sampel melalui simple random sampling. Berdasarakan penelitian yang dilakukan pada kelas V SD Negeri 1 Pengambengan Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Enviroments) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPS. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Enviroments) berbantuan media audio visual adalah 85,42 dengan standar deviasi 4,52, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah adalah 74,86 dengan standar deviasi 5,29 . Taraf signifikan t (tabel) dengan jumlah responden 57 = 0,2609, sehingga dapat dilihat dari signifikansi yang dihasilkan pada uji t dinyatakan bahwa 2,581> 0,05. Jadi, dengan demikian model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Enviroments) berbantuan media audio visual mempunyai pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 1 Pengambengan Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2021/2022.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Astawa. 2017. Pengantar Ilmu Sosial. Depok: Rajawali Pers.
Fatwatus, A. 2019. Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) Dalam Penyelesaian Tugas. (hlm 55-61). Jurnal Edukatif Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan. Vol. 4 No 2. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Caruban/article/view/5319
Karlina. 2021. Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Disekolah Dasar. (hlm 45-49). Jurnal Repository. http://repository.unpas.ac.id/54883/
Marlina Dyan.2021 Pengaruh Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Berbasis Daring terhadap Kemandirian Belajar Siswa SD. (hlm. 62-63). Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. Vol. 5 No. 1. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Caruban/article/view/6263
Ayuk Widiastuti, Ni Luh. Putu Subawa. Gusti Ngurah Arya Yuda. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing (Tari Bambu) Berbantuan Media Question Card Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar PPKN. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD. Jilid 2, Terbitan 2.
Sari. 2021. Penerapan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Berbasis Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SD. (hlm. 72-73). Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. No. 4 Vol.2. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Caruban/article/view/5319
Susanto. 2016. Pengembangan Pembelajaran IPS. Jakarta: Prenadamedia Group.
DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i1.2973
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.