PENGARUH MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BANYUNING

Ketut Aris Saputra, Made Adi Nugraha Tristaningrat, Gusti Ngurah Arya Yudaparmita

Sari


Penelitian ini membahas Pengaruh Model Search, Solve, Create, ShareBberbantuan Permainan Tradisional Congklak Terhadap Pemecahan Masalah Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Banyuning. penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemukan dilokasi penelitian mengenai rendahnya kemampuanppemecahan masalah siswa kelas V SD N 2 Banyuning dan berdasarkan observasi awal sertaawawancara yang dilakukan dengan guru kelassV SD N 2 Banyuning. Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan uji Validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas dan independent t-test untuk N-Gain score. Berdasarkan hipotesis yang diuji: analisis data menggunakan uji t-test independent untuk N-Gain score   mendeskripsikan bahwa t-hitung> t-tabel yaitu 2.633 dengan df = n1 + n2 - 2 = 16 + 19 - 2 = 33 pada taraf sig 5% diperoleh nilai t-tabel yaitu 2,034. Dari hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa t-hitung> t-tabel yaitu 2.633 > 2,034 dan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 (0,01 < 0,05), ini mendeskripsikan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang pesat antara siswa yang mengikuti pembelajaran sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan dengan Model SSCS berorientasi pada Permainan Congklak.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, S., Fitraini, D., Rahmi, D., & Fitri, I. (2018). Pengaruh model pembelajaran search, solve, create, and share (sscs) terhadap pemahaman konsep matematissditinjau dari pengetahuan awal siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 42-V3.

Alfiani, D., Muchyidin, A., & Izzati, N. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, Share) Terhadap Miskonsepsi Siswa Pada Soal Matematika Bentuk Cerita. Limacon: Journal of Mathematics Education, 1(2), 49-V8.

Anggo, M. (2011). Pemecahan masalah matematika kontekstual untuk meningkatkan kemampuan metakognisi siswa. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 161-168.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299.

Astutii, N. P. E. F., Suwekenn, G., & Waluyo, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve,cCreate and Share (Sscs) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Viiii Smp Negerii1 Banjar. Jurnal pendidikan matematikaaundiksha, 9(2), 84-9V.

Dhanandjaya, James. 1984. Folklore Indonesia (hlm. 171). Jakarta. PT. Pustaka Grafiti Press

Handayani, L. (2020). Peningkatan MotiVasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi CoVid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 7(3), 168-174.

Handayani, Suardipa. (2020). Statistik Pendidikan. Jawa Tengah: CV. Pena Persada

Herliantari, H. (2018). EfektiVitas model pembelajaran search, solve, create, and share (sscs) terhadap kemampuan creatiVe problem solVing peserta didik pada pembelajaran fisika (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Meika, I., Ramadina, I., Sujana, A., & Mauladaniyati, R. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran SSCS. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, V(1), 383-390.

Mursyidah, R., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Hadi, W. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap Keterampilan Generik Sains Peserta Didik. Natural Science Education Research, 2(1), 8V-96.

Mustofa, Z. (201V). Pengaruh model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) dengan strategi mind mapping terhadap penguasaan konsep fisika pokok bahasan teori kinetik gas siswa kelas XI MIA SMAN 1 Kertosono (Doctoral dissertation, UniVersitas Negeri Malang).

Rismayanti, T. A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh model search solve create share (SSCS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), V(2), 183-190..

Safi’i, a. H. M. A. D. (2020). Pengaruha modell pembelajaran search, solve, create and share (sscs) terhadap kemampuanaberpikir reflektif matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik (doctoral dissertation, uin raden intan lampung).

Samira, S. (2018). Pengaruh Model Search, Solve, Create, Share terhadap AktiVitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tinambung Kab. Polewali Mandar (Doctoral dissertation, UniVersitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Saputri, Y. D., Indrowati, M., & Ariyanto,jJ. (2019). Hubungan Keterampilan Metakognisi Dengan Pemahaman Konsep BiologimMelalui Model Pembelajaran SSCS. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, EnViromental, and Learning (Vol. 16, No. 1, pp. 133-138).

Saputri, Y. D., Indrowati, M., & Ariyanto, J. (2019). Hubungan Keterampilan Metakognisi Dengan Pemahaman Konsep Biologi Melalui Model Pembelajaran SSCS. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, EnViroental, and Learning (Vol. 16, No. 1, pp. 133-138).

Sari, A. Y., & Zulfah, U. (2018). Implementasiipembelajaran project based learning untuk anak usia dini. Jurnal Motoric, 1(1), 10-10.

Sari, F. F. K., & Lahade, S. M. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap sikap ilmiah rasa ingin tahu peserta didik sekolah dasar pada pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(1), 797-802.

SSari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) upaya peningkatan kreatiVitas mahasiswa. Jurnal Varidika, 30(1), 79-83.

Syahirah, a. E. (2022). Pengaruh model search, solve, create, and share (sscs) terhadap pemahamannkonseppsiswappadaamateri pembelajaran sistem periodik unsur (doctoral dissertation,uuniVersitassislam negeri sultannsyarif kasim riau).

Yunengsih, y. (2018). Penggunaan model pembelajaran search-solve-create-share (sscs) untuk meningkatkan hasil belajar pada materi keanekaragaman hayati (doctoral dissertation, fkip unpas




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i1.2970

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.