PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN PERMAINAN CI GAPRAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS

Luh Putu Sherly Arima Devi, I Made Sedana, Ketut Suparya

Sari


Tujuan penelitian ini, adalah untuk menunjukkan bahwa siswa kelas empat SD di gugus V Kecamatan Banjar menunjukkan tingkat minat belajar yang sangat bervariasi. Pada kali ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain posttest-only. 156 siswa dari Kelas IV Gugus V di Kecamatan Banjar dipilih secara acak. Setiap kelompok terdiri dari 18 siswa kelas IV dari SD N 1 Cempaga (kelompok eksperimen) dan SD Negeri 2 Cempaga (kelompok kontrol). Tingkat dorongan siswa disurvei melalui kuesioner. Yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Statistik deskriptif, analisis data, dan uji hipotesis (uji-t). Hasil dari kelompok eksperimen ditemukan lebih unggul daripada kelompok kontrol. Statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata post-test untuk kelompok eksperimen adalah 131,78, sedangkan rata-rata post-test untuk kelompok kontrol adalah 127,89, yang menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki kinerja yang lebih baik secara rata-rata. Nilai signifikansi post-test sebesar 0.01< 0.05 ditampilkan dalam tabel output untuk uji sampel berpasangan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa SD Gugus V Kecamatan Banjar Tahun Pelajaran 2022/2023 telah mengalami peningkatan yang nyata dalam motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) yang didukung oleh Permainan Tradisional Ci Gaprak.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180-9187.

Amalia. Ar, dkk. (2021). Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD kelas IV. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Arifin, F. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Turnament (Tgt) Dan Pengaruhnya Terhadap Pembelajaran Matematika Di Mi/Sd; Studi Meta-Analisis. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 193-204.

Aris. S. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Candiasa.M. (2010). Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha.

Djamarah. Z. (2006). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta. Hamalik.O. (2017). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Roflin, dkk. (2021). Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i1.2969

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.