PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERORIENTASI PERMAINAN MACURIK MANGGIS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Sari
Tujuan dari riset ini ialah menganalisis perbedaan pengaruh sebelum maupun Setelah diterapkan Model Belajar Two Stay Two Stay Berorientasi Permainan Macurik Manggis terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Matematika siswa kelas IV SD Desa Kalibubuk. Eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dipakai pada penelitian ini, dengan jumlah sampel berjumlah 36 orang siswa. Pengkajian data yang diterapkan ialah uji Paired sampel t-test, hasil yang memperlihatkan jumlah responden pada kelas eksperimen adalah df = n1 – 1 = 35 dengan signifikansi 5% didapatkan nilai ttabel yaitu 1,690. Dari perhitungan tersebut diketahui bahwa thitung > ttabel yakni 31,230 > 1,690 dan nilai Sig 0.00 < 0.05. Inilah yang memperlihatkan bahwa ditemukan perbedaan pengaruh yang signifikan Kemmapuan Literasi Numerasi Matematika pada siswa sebelum maupun setelah diterapkan treatment Model Pembelajaran Two Stay Two Stay Berorientasi Permainan Macurik Manggis mengenai Literasi Numerasi Matematika kelas IV SD Desa Kalibubuk.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ainia. (2020). Merdeka Belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia
Ali, M. (2005). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik.
Anita Lie. (2010). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Aripin, U., Setiawan, W., Hendriana, H., & Masruroh, A. A. (2020). ASGAR (animasi software geogebra dan alat peraga) untuk mendukung proses pembelajaran matematika di kelas. Jurnal Solmal.
Asrori, M. (2009). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Bumi Rancaekek Kencana.
Creswell. (2014). Penelitian Kuantitatif & Desaind Riset. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Daga, A. T. (2021). Makna merdeka belajar dan penguatan peran guru di sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma.
Dantes, N., & Handayani, N. N. L(.2021). Peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model blanded learning pada siswa kelas v sd kota singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Depdiknas, (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional.
Ekowati, D. W., & Suwandayani, B. I. (2018). Literasi numerasi untuk sekolah dasar (Vol. 1). UMMPress.
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai,
Fuad Ihsan. (2008). Dasar-dasar kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Fuadi, T. M. (2022). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM): Aplikasinya dalam Pendidikan Biologi. In Prosiding Seminar Nasional Biotik.
Hidayat Rahmat, Abdillah. (2019)I.lmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Huda, Miftahul. (2013)M. Pustaka Pelajar. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta
Izza, A. ., Falah, M., & Susilawati, S(.2020). Studi literatur: Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan.
Kusumawardani, D.R., Wardono, W., & Kartono, K(2018). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matemati InPrisma, prosiding seminar nasional matematika.
Mashuri, S. (2019). Media pembelajaran matematika. Deepublish.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Permendikbud Merdeka, M. B. K. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus
Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
MR, M. H. (2021). Lunturnya Permainan Tradisional. Aceh Anthropological Journal.
Mulyana, Y., & Lengkana, A. S. (2019). Permainan tradisional. Salam Insan Mulia.
Nasution, S. W. (2022). Asesment kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Prosiding Pendidikan Dasar.
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal.
Puspaningtyas, N. D., & Ulfa, M. (2020). Pelatihan Soal Matematika Berbasis Literasi Numerasi pada Siswa SMA IT Fitrah Insani. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA.
Rasyid, M. A. (20190. Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan
Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta.
Rulianto, R. 201 . Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakt Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial.
Sari, A., & Azmi, M. P. (2018). Penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan komunikasi matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.
Sari, S. P., Natuna, D. A., & Afrianto, A. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Literasi Numerasi Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama (SM ) Negeri Kota Pekanbar JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Setiawan, W., & Santoso, D. A(2019). Tingkat Keterampilan Gerak Dasar dengan Permainan Tradisional Bali. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan.
Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar- Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Jurnal Bahasa.
Sujana, I. W. C(. 2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesi Adi Widya:Jurnal Pendidikan Dasar.
Yuristia, A. (2018). Pendidikan sebagai transformasi kebudayaan. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya,
DOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v3i1.2968
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.