PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA

Ni Putu Sekar Mey Kartika, I Made Suweta, I Made Ari Winangun

Sari


Penulis melakukan observasi dan menemukan dalam pelaksanaan pembelajaran secara tatap muka, kegiatan belajar cenderung menggunakan pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran langsung. Terdapat 45% siswa hasil belajarnya masih dibawah KKM mata pelajaran IPA yaitu 76. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan media kartu bergambar terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Baler Bale Agung Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental berdesain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ialah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Baler Bale Agung. Untuk menentukan kelas perlakuan melalui teknik random sampling. Didapatkan hasil, kelas eksperimen adalah kelas IV A berjumlah 28 siswa dan kelas kontrol adalah kelas IV B berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan instrumen lembar tes. Penulis mempergunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial melalui uji prasyarat, menghitung N-Gain dan menguji hipotesis. Berdasarkan hasil uji-t sampel independen (Independent Sampel t-Test) nilai N-Gain skor menunjukkan hasil thitung adalah 3,942 dan ttabel pada taraf signifikansi () 5% dengan db = 28 + 27 – 2 = 53 yaitu 2,006. Diperoleh bahwa thitung(3,942) > ttabel(2,006) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Keputusan, Ha diterima maka terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan media kartu bergambar terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri 1 Baler Bale Agung tahun pelajaran 2021/2022.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiyanto, Agus Krisno. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Cetakan pertama. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Hardani, et.al. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Cetakan pertama. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu

Kirnanti, Syeni Ayu. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dengan Media Kartu Bergambar Tema Cita-Citaku Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Patrang 01 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. diakses dan diunduh pada link: https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86056

Kumala, Farida Nur. 2016. Pembelajaran IPA. Cetakan pertama. Malang: Ediide Infografika Lestari, Komang Putri. 2017. “Pengaruh Model Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Audio Visual terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa

Kelas IV SD Gugus Yos Sudarso” dalam Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 2, Nomor 1. (hlm 40-45).

Mukmin, Mirajul. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV SDN 4 Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020” dalam Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education. Volume 1, Nomor 2. (hlm 51-57).

Nurdyansyah dan Eni Fariyatul Fahyuni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Cetakan pertama. Sidoarjo: Nizamia Learning Center

Parsa, I Made. 2017. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar. Cetakan pertama. Kupang: CV Rasi Terbit

Simbolon, Melpa Hartati. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dengan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 060930 Medan Johor Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Quality. diakses dan diunduh pada link: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/933/

Sudrajat, Didi. 2020. Pengantar Statistika Pendidikan Disertai Aplikasi Program SPSS. Cetakan kedua. Surakarta: Pusat Kajian Bahasa dan Budaya

Sundayana, Rostina. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suryono, Artika. 2019. Pengaruh Model Numbered Head Together (NHT) Berbasis Short Card Modification Terhadap Hasil Belajar. Skripsi (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Magelang. diakses dan diunduh pada link: http://eprintslib.ummgl.ac.id/1310/

Winangun, I. M. A. (2022). Analisis Problematika Proses Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 37-44.

Winda, Shinta Dwi. 2021. Pengaruh Pembelajaran Bamboo Dancing Berbantu KARGA (Kartu Bergambar) Terhadap Hasil Belajar IPA. Skripsi (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Magelang. diakses dan diunduh pada link: http://eprintslib.ummgl.ac.id/3309/

Yanavia, Sofiana. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 26 Gedong Tataan. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. diakses dan diunduh pada link: http://repository.radenintan.ac.id/15697/




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i1.2967

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.