PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGEDHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Gede Adi Indrawan, I Wayan Arka, I Ketut Ngurah Ardiawan

Sari


Penelitiani ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Numbered Head Togedher (NHT) dengan media audiovisual terhadap prestasi belajar Matematika siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatifi dengan desain penelitian semi empiris yang dirancang hanya menggunakan desain kelompok kontrol post-trial. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 52 siswa bias di pisah ke 2 kelompok yang dimana Kelas V-A dengan 26 siswa sebagai kelas   kontrol dan Kelas V-B dengan 26 siswa sebagai kelas eksperimen. menghitung hasil penelitian digunakan statistik deskriptif, uji normalitas dengan liliefor dan uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji hipotesis t. Hasil perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki hitung sebesar 3,259 > tabel 2,007. kemudian kita dapat menyimpulkan H1 dapat diterima. Berdasarkan nilai penelitian ini dimungkinkan untuk menunjukkan pengaruh model pembelajaran Numbered Head Togedher (NHT) dengan menggunakan media audiovisual terhadap hasil belajar Matematika siswa sekolah dasar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i1.2966

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.