PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV
Sari
Riset percobaan ini bermaksud buat ketahuii pengaruh yang signifikan metode pelajaran Demonstrasi dibantu alat video di murid kelas IV di SD Negeri 1 Pohsanten Tahun Pelajaran 2021/2022. Riset percobaan ini tercantum tipe percobaan imajiner yang didesain dengan rancangan non-equivalen post-test only control group design. Murid kelas IV SD Negeri 1 Pohsanten Tahun Pelajaran 2021/2022 jadi populasi pada riset. Kelas IVA SD Negeri 1 Pohsanten sejumlah 21 murid dipilih menjadi golongan percobaan, sedangkan kelas IV sejumlah 21 murid dipilih menjadi golongan pengawasan. Perolehan itu didapat dari penetapan sampel lewat Pre Test Post Test Non Equivalen Control Grup Design. bersumber riset yang dilaksanakan di kelas IV di SD 1 Pohsanten, membuktikan terdapatnya akibat yang penting dari aplikasi tata cara penataran CTL kepada perolehan belajar IPA. Perolehan ini bisa diamati bersumber rerata dari perolehan belajar murid yang memakai metode pelajaran Demonstrasi dibantu alat video ialah 85,1379 dengan standar deviasi 7,17995, sebaliknya rerata perolehan belajar murid yang memakai cara ceramah ialah 70,3929 dengan standar deviasi 11,00283. Derajat sig t (tabel) sejumlah responden 57 = 0,266, maka bisa diamati dari sig yang diperoleh di pengujian t dikatakan kalau 0,079> 0,05. sehingga, maka dari itu teknik pelajaran Demonstrasi dibantu alat video memiliki pengaruh yang penting buat menaikan perolehan belajar murid di pelajaran IPA kelas IV SD 1 Pohsanten Tahun Pelajaran 2021/2022.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ardiawan, I. K. N., & Diari, K. P. Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.
Bayu Hatmokomukti Wiyono dan Widodo Budhi (2018) melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Metode Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Ditinjau Dari Kemampuan Berkomunikasi”.
Desta Nur Maretiana (2021) meneliti tentang “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa”.
Dina Afriani Pitri, Tri Jalmo, B. Y. (2017). Hubungan Cara Belajar dengan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IX di Metro. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah.
Fadhli. 2020, EfektivitasPelatihan Contextual Teaching and Learning (CTL) Guna Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar di Pulau Sebatik, metode pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan kompetensi pedagogis guru.
Suwarna 2005 mengatakan bahwa menurut pandangan constructivism otak anak pada dasarnya tidak seperti gelas kosong yang siap diisi dengan air sehingga informasi berasal dari pikiran guru. (Hlm :119)
DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i1.2965
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.