PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL CURIK-CURIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Ida Bagus Komang Ariawan, Komang Surya Adnyana, Gusti Ngurah Arya Yudaparmita

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan permainan tradisional curik-curik terhadap pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV sekolah dasar gugus IV Kabupaten Banjar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA khususnya di kelas IV. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan sampel terpilih yaitu kelas IV SD Negeri 1 Banjar kelompok eksperimen dan kelas IV SD Negeri 9 Banjar sebagai kelompok kontrol. Desain penelitian ini adalah post-test only control design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal esai yang diberikan pada saat post-test. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen 75,8214 dan kelompok kontrol 63,7407. Berdasarkan uji-t dengan menggunakan rumus polled variance diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,059 > 2,005. Hal ini membuktikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan permainan curik-curik tradisional terhadap pemahaman konsep pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Gugus IV Kabupaten Banjar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[Permendiknas] Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: BSNP.

Ayu, Ratna, V., N. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Pemahaman Konsep Dan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 2 Natar Lampung Selatan. Skripsi: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Eisenkraft, Arthur. 2003. “Expanding The 5E Models: A Purposed 7E Models Emphasizes „Transfer Learning‟ and The Importance Of Eliciting Prior Understanding”. The Science Teacher. 70(6): 57.

Handayani, Ni Nyoman Lisna & Suardipa I Putu. 2020. Statistik Pendidikan. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya Adnyana, K. Yudaparmita, G. N. A. 2022. Pengaruh Implementasi Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar IPS di SD Kecamatan Sukasada. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar. 3 (1), 1-8.

Yudaparmita, G. N. A., & Swadesi, I. K. I. 2021. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Insersi Nilai-Nilai Tri Hita Karana. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 4(1), 25-38.

Yudaparmita, G. N. A. Surya Adnyana, K. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran Olahraga Mahasiswa PGSD di STAHN Mpu Kuturan Singaraja. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar. 3 (2). 121-130.




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i1.2964

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.