PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP LITERASI SAINS SISWA SD

Ni Putu Lindayani, I Ketut Suparya, Ni Nyoman Kurnia Wati

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problem based learning yang berorientasi pada Tri Kaya Parisudha berbeda dengan pembelajaran konvensional dalam hal pengaruhnya terhadap pemahaman konsep ilmiah siswa. Penelitian ini menggunakan desain posttest-only control group, yang merupakan eksperimen semu. Siswa kelas IV semester genap dari 7 (tujuh) Sekolah Dasar Negeri di Gugus II Kecamatan Kubutambahan pada tahun ajaran 2022/2023 menjadi populasi penelitian. Jumlah sampel sebanyak 53 dihitung dengan menggunakan prosedur pengambilan sampel acak sederhana pada populasi sebanyak 232 siswa. Penilaian esai digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan dan pemahaman ilmiah siswa. Data dianalisis dengan SPSS 24 for Windows menggunakan uji-t satu sampel, sebuah metode untuk membandingkan dua kelompok berdasarkan satu variabel independen. Literasi sains terbukti berbeda secara signifikan antara kelompok siswa kelas IV SD Negeri Gugus II Kecamatan Kubutambahan yang diajar dengan menggunakan pendekatan PBL berorientasi Tri Kaya Parisudha dan kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan metode tradisional. Hal ini dibuktikan dengan adanya kesenjangan yang sangat besar antara nilai rata-rata tes literasi sains kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok eksperimen mencapai 38,81, sedangkan kelompok kontrol hanya mencapai 35,31. Berdasarkan temuan penelitian ini, paradigma Problem based learning yang berorientasi pada Tri Kaya Parisudha direkomendasikan di atas model pembelajaran tradisional untuk meningkatkan literasi sains.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiwiguna,P.S, et.al.(2019). Pengaruh Model Problem based learning (Pbl) Berorientasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Siswa Kelas V SD Di Gugus I Gusti Ketut Pudja. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol.3 No 2, Agustus 2019 ISSN: 2613-9553

Arikunto. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Asnawir dan Basyiruddin Usman.2002. Model Pembelajaran.Jakarta: Ciputat Pers.

Boujaoude.2016. Scientific Literacy. Internasional Educational Research. 3(2).1016.Tersedia pada www.Erin.Savap.org.Diakses 1 Desember 2022

Husnul Fuadi, et.a.(2020).Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Volume 5 Nomor 2, November 2020. ISSN (Print) 2502-7069, ISSN (Online) 2620-8326

Koyan, I Wayan.2012. Statistik Dua Analisis Varians, Kovarians, dan Jalur. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha Press

Muslichah Asy’ari. (2006). Penerapan Pendekatan Sains-teknologi- Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Rahyubi, Heri, 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi PembelajaranMotorik, (Deskriptif dan Tinjauan Kritis), Cet-I. Bandung: Nusa Media.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Santyasa, I W.2011.Pembelajaran Inovatif. Buku Ajar. Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha.

Suparya, I Ketut.(2020).Pengaruh Metode Belajar Tri Kaya Parisudha Pada Pembelajaran IPA Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Religiusitas Siswa Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar FAKULTAS DHARMA ACARYA INSTITUT HINDU DHARMA NEGERI DENPASAR Volume. 5, Nomor 1 April 2020 ISSN: 2685-8312 (online) ISSN: 2527-5445 (cetak http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/ AW

Tiarini, Ni Putu et.al.(2019).Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 24 No. 3, 2019 P-ISSN: 1829-877X E-ISSN : 2685-9033

Wina,Sanjaya.2008.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wiguna, Adi dkk.(2019). Pengaruh Model Problem based learning (Pbl) Berorientasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Siswa Kelas V SD Di Gugus I Gusti Ketut Pudja. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Vol 3 No 2.




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i1.2963

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.