PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING BERBASIS ETNOMATEMATIKA JEJAHITAN BALI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pemahaman konsep matematika pada materi bangun datar yang signifikan antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran Window Shopping berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali dibandingkan dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran konvensional di kelas IV Gugus V Kecamatan Sukasada. Jenis penelitian yaitu eksperimen semu. Jumlah populasi penelitian ini ialah 234 siswa dan sampel penelitian sebanyak 65 siswa. Pada penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas kontrol dengan banyaknya sampel yaitu 30 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 35 siswa. Instrumen yang dipergunakan yaitu tes objektif yang terdiri dari 25 butir soal. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata pemahaman konsep pada kelas ekperimen sebesar 67.65 dan pada kelas kontrol sebesar 44.80. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika pada materi bangun datar yang signifikan antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran Window Shopping berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali dibandingkan dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran konvensional di kelas IV Gugus V Kecamatan Sukasada. (thitung > ttabel yaitu 5,873>1.669; 0.000 < 0.05)
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Restiwi, L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA Siswa SMP pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Ihsanudin, E. (2010). Definisi Peran Guru di sekolah. www.yahoo.com. Jakarta. Diakses tanggal 9 Februari 2023.
Inayati, N. (2012). Upaya meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Kooperatif Tipe Team Game Tournament Pokok Bahasan Perkalian dan Pembagian Bilangan pada Siswa Kelas II SD Negeri Sidorejolor 01 Salatiga Semester II Tahun 2011/ 2012. Tesis. Salatiga: UKSW.
Cahyani, K. D. (2021). Motivasi Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Model Windows Shopping di SD Negeri Nirmala. Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 23-29.
Dyan, R. (2021). Pengaruh model pembelajaran windows shopping berbantuan geoenzo terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari minat belajar siswa (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Putra, N. I. A. M. (1985). Mejejahitan di Bali dan Perkembangannya. Laporan Pertemuan Ilmiah Kebudayaan Bali, 26-29 Desember 1985. Denpasar: Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Bali (Baliologi).
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
Rahma, W. (2017). Pengaruh penggunaan metode kooperatif Window Shopping terhadap partisipasi bimbingan konseling klasikal. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(2).
Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171-176.
Sudiati, S.(2014). Laporan PTK Matematika di Sekolah Dasar. Malang: IKIP Malang.
Winangun, I. M. A., & Adnyana, P. B. (2023). Pengembangan Instrumen Karakter Mahasiswa Berbasis Kearifan Lokal pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA SD. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 7(1), 18-28.
DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v3i1.2961
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.