Sari
Dilaksanakannya penelitian ini bertujuanmengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA antara kelompok siswa yang diberi perlakuan model CTL dengan kelompok siswa yang diberi perlakuan model konvensional pada siswa kelas 5 SD Negeri 3 Penarukan. Jenis Penelitian ini yaitu Quasy Eksperiment dengan desain penelitian Pre-Test Post-Test Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 5 SD Negeri 3 Penarukan. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampling Jenuh melalui metode undian. Pada kelas 5 B sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 30 orang siswa dan kelas 5 A sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 28 orang siswa. Data pada penelitian ini di dapatkan melalui instrument tes berupa essay. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, serta uji hipotesis (uji-t) independent sample test dengan menggunakan SPSS versi 25.0. Dari hasil analisis data memperoleh bahwa siswa pada kelompok eksperimen menunjukkan hasil lebih tinggi dibandingkan dengan siswa pada kelompok kontrol. Hal tersebut dibuktikan dari hasil statistik deskriptif yang menunjukkan nilai rata-rata dari kelompok ekperimen (86,07) lebih besar dari nilai rata-rata kelompok kontrol (74,71) pada hasil post-test. Selain itu, hasil analisis independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi dari post-test adalah 0.000 < (α = 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 5 pada mata pelajaran IPA SD Negeri 3 Penarukan.
Referensi
Anjani, L.P.A., DB.Kt.Ngr.S Putra., & I.K Ardana. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning. Journal for leasson and Learning Studies, 3 (2). 230-237.
Dewi, S., S. Mariam., & J.B Kelana. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contextual Teaching Learning. Creative of Learning Students Elementary Education. Journal of Elementary Education, 2 (6), 235-239.
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nihayah, A.Z., Fina F., & Much A.F. (2019). Model Pembelajaran CTL Berbantuan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar. 1 (2). 90-99.
Sulfemi, W. B & N. Yuliani. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 7(2). 74-84.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.