PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ni Made Eri Mulyaningsih, I Ketut Suparya, I Made Ari Winangun

Sari


Eksperimen ini tujuannya untuk memahami perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang diajarkan memakai bentuk pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) berbantuan media PowerPoint dengan kelompok siswa yang diajarkan memakai bentuk konvensional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Kategori eksperimen ini ialah kuasi eksperimen memakai konsep non-equivalent post-test only control group design. Semua kelas IV SD Gugus I Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2021/2022 sejumlah 103 siswa menjadi populasi. memakai random sampling sebagai penentuan, didapat sampel sebanyak 32 siswa dari kelas IV SD Negeri 2 Bukti terpilih jadi kelompok kontrol dan 31 siswa dari kelas IV SD Negeri 3 Bukti terpilih jadi kelompok eksperimen. Data hasil belajar IPA dirangkum memakai instrumen tes objektif. Teknik analisa yang dipakai ialah uji-t sampel independent. Perolehan studi memaparkan, kalau derajat kebebasan (dk) = 61 dengan taraf signifikansi 5% didapatkan angka ttabel = 1.999. alhasil angka thitung yakni 4,977 > ttabel yaitu 1,999 serta angka Sig. (2 tailed < α) (α= 0,05) = 0,000. Perihal ini menjelaskan kalau adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) berbantuan media PowerPoint terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, M. (2009). Pendidikan untuk pembangunan nasional: menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Jakarta: Grasindo.

Ambarwati, K. N., Suarni, N. K., & Tegeh, I. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Di Gugus VI Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2015/2016. Mimbar PGSD Undiksha, 4(2).

Arisantiani, N. K., Putra, M., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning in Science (CLIS) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(2), 124-132.

Damayanti, N. M. D. N., Tegeh, I. M., & Suarjana, I. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Seririt. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).

Indradewi, N. N. A., Putra, I. K. A., & Abadi, I. B. G. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Power Point Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Mimbar Pgsd Undiksha, 5(2).

Kemdikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas.

Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2), 138-151.

Mulyasa, H. E. (2021). Implementasi Kurikulum 2013. Revisi: Dalam Era Industri 4.0. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulistyorini, S. & Suparton. (2007). Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Wibawa, M. A. N., Ratnadi, R., & Affandi, L. H. (2020). Pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap pemahaman konsep IPA Siswa Kelas III SD Negeri Gugus I Sandubaya Tahun Ajaran 2019/2020. Progres Pendidikan, 1(1), 1-6.

Winangun, I M. A. (2022). Analisis Problematika Proses Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 37-44.




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v2i2.2466

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.