Sari
Tujuan dari riset ini guna ketahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran circuit learning berbantuan media crossword puzzle pada siswa kelas V di Sekolah Dasar. Riset ini tergolong tipe eksperimen semu yang dirancang konsep non equivalen posttest only control group design. Dalam perhitungan data analisis penelitian menggunakan SPSS 26.00 For Windows yang mencakup analisa deskriptif, uji prasyarat analisa, serta pengujuan hipotesis. Riset ini memakai populasi sebanyak 283 anak didik kelas V SD Gugus VII di Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan teknik sampel simple random sampling dan diperoleh SD Negeri 1 Banyuning sebagai sampel penelitian. Fokus penelitian di kelas V yakni kelas V A dan V B. Kelas V B berjumlah 33 orang siswa terpilih sebagai kelompok eksperimen, sementara kelas V A sebanyak 29 orang siswa terpilih menjadi kelompok kontrol. Hasil penelitian yang dilakukan di kelas V di SD Negeri 1 Banyuning, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan bentuk pembelajaran circuit learning berbantuan alat crossword puzzle kepada hasil belajar PPKn. Rerata perolehan belajar anak didik dengan memakai bentuk pembelajaran circuit learning berbantuan media crossword puzzle adalah 81,970 dengan standar deviasi 9,1164 sebaliknya rerata perolehan belajar siswa dengan memakai bentuk pembelajaran konvensional ialah 72,672 dengan standar deviasi 10,3279. Taraf signifikan ttabel dengan banyaknya responden 62= 1,999, bisa diamati dari thitung yang diperoleh di uji t dikatakan kalau 3,765 > 1,999. Maka dari itu bentuk pembelajaran circuit learning berbantuan media crossword puzzle memiliki pengaruh yang signifikan kepada hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas V Sekolah Dasar.
Referensi
Gredler, Margaret E. 2011. Learning and instruction: Teori dan Aplikasi: Edisi keenam. Alih bahasa oleh Tri Bowo B.S. Jakarta: Kencana.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Zaini, Hisyam, 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.
Pramita, Pt Ayu, Sudarma, I. K., & Murda, I. N. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 20-31.
Putra, Candra Anugrah & Setiawan, M. A. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 1-6.