PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Sari
Riset ini membahas tentang pengaruh model Pembelajaran Flipped Classroom kepada hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Sangsit tahun 2021/2022. Riset ini dilatar belakangi oleh adanya upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan, seorang pendidik wajib bisa menciptakan suasana pembelajaran aktif serta dapat meningkatkan perolehan belajar anak didik. Prolehan belajar IPS anak didik yang minim dialami anak didik kelas V SD Negeri 4 Sangsit dan berlandaskan observasi awal serta wawancara yang sudah dilaksanakanoleh guru kelas V SD Negeri 4 Sangsit, ada beberapa masalah yang terindentifikasi selaku: 1). Minimnya dorongan siwa dalam belajar, 2) pada proses pembelajaran, guru terpaku menggunakan model pembelajaran ceramah, 3). Kurangnya kreativitas guru untuk menggunakan media pembelajaran. Terdapat perumusan permasalahan di riset ini adalah “Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan media Audiovisual dan siswa yang belajar dengan model konvensional dalam mata pelajaran IPS kelas V di SD Negeri 4 Sangsit tahun 2022”. Terdapat pula teori dipergunakan diriset ini ialah menggunakan teori Kontruktivisme. Tipe riset yang dipakai adalah riset eksperimen. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental design). Konsep percobaan yang dipakai pada riset ini ialah “Pre test post test control group design”. Pada konsep ini, bagus kelompok kontrol ataupun kelompok eksperimen dibanding. Jumlah kelas eksperimen di riset ini ialah 28 orang yang terdapat pada kelas V A SD 4 Sangsit dan jumlah kelas kontrol adalah 28 orang pada kelas V B SD 4 Sangsit. Didapatkan hasil sampel menggunakan Simple random sampling. Tes pilihan ganda digunakan dalam pengumpulan data serta diolah menggunakan SPSS Versi 26, dapat dilihat berdasarkan rerata siswa kelas eksperimen ialah 84,82 memakai standar deviasi 6,594 dan rata-rata kelas kontrol adalah 75,71 dipergunakan standar deviasi 6,042. Derajat sig t tabel memakai responden sebanyak 56=2,000, alhasil bisa dilihat dari sig yang di dapat di uji t dikatakan kalau 5,388 > 2,000. Maka demikian metode pembelajaran Flipped classroom berbantuan media Audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arifin. J. (2017). SPSS 24 Untuk Penelitian Dan Skripsi. Elex Media Kompitundo.
Chrismawati, M., & Septiana, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point dan Audio Visual di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1928-1934.
Damayanti, H. N., & Sutama, S. (2016). Efektivitas flipped classroom terhadap sikap dan ketrampilan belajar matematika di SMK. Manajemen Pendidikan, 11(1),2-7.
Fitriani, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 8 Kelas 5 Sdn Sidomulyo Kecamatan Gunem Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Cerdas Mendidik, 1(1).
DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v2i2.2460
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.