PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSIDERASI BERBANTUAN M EDIA ACCORDION BOOK TERHADAP SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PPKN

Kadek Linda Yanti, I Made Suweta, Ni Putu Candra Prasetya Dewi

Sari


Riset yang bermaksud buat ketahui perbedaan yang signifikan pada sikap toleransi siswa diantara kelas anak didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konsiderasi berbantuan alat accordion book dan kelas siswa yang diajar memakai model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PPKn siswa kelas IV SD Negeri 1 Banyuning. Tipe riset ialah eksperimen semu (quasi exsperiment) memakai konsep Post-Test Only Control Group Design. Semua anak didik kelas IV di SD Negeri 1 Banyuning sebanyak 50 anak didik menjadi populasi. Kelas IV A yang berjumlah 23 anak didik terpilih sebagai kelas kontrol sedangkan kelas IV B sebanyak 27 anak didik terpilih menjadi kelas eksperimen. Hasil tersebut diperoleh dengan menentukan sampel dengan Teknik Sampling Jenuh melalui undi. Perangkuman data untuk riset ini lewat pemantauan, tanya jawab, angket dan dokumentasi. Data dianalisa lebih lanjut memakai analisis statistik deskriptif, uji pra-analisis dan penguji hipotesis (uji-t) menggunakan SPSS versi 26.00 for windows. Bersumber output Independent Samples Test menunjukkan bahwa angka signifikansi setelah pengujian ialah 0,000 < 0,05. Maka dari itu bisa dirangkum kalau ada perbedaan yang penting bentuk pembelajaran konsiderasi dibantu alat accordion book kepada sikap toleransi anak didik kelas IV di pelajaran PPKn SD Negeri 1 Banyuning.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustiningsih, M. Y., & G, Dewi. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Konsiderasi Terhadap Sikap Toleransi Siswa pada Kompetensi Dasar Menghargai Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika” dalam jurnal Educitizen, 2(2), 126-138. Surakarta: FKIP UNS.

Kahana, M. 2019. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Konsiderasi Terhadap Pembentukan Sikap Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XII IPS SMA Adabiah Padang” dalam jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 62-69. Padang: Universitas Negeri Padang.

Nursalam, N. 2017. “Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Murid Kelas V 180 Bentenge Kabupaten Bulukumba” dalam jurnal Etika Demokrasi, 2(2), 94-102. Makassar: Universitas Muhhamadiyah Makassar.

Prihantini. 2021. Strategi Pembelajaran SD. Jakarta: Bumi Aksara.

Rumidjan, R. 2013. Dasar Keilmuan dan Pembelajaran Sastra Anak SD. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tirtoni, F. 2016. Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar: Inovasi Melalui Strategi Habituasi dan Program Kegiatan Sekolah Berkarakter. Yogyakarta: CV. Buku Baik.




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v2i2.2459

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.