PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ4R (SURVEY QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MUATAN IPA

Kadek Ega Valentina, I Made Ariasa Giri, I Putu Suardipa

Sari


Penelitian ini bermaksud mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran terhadap pemahaman konsep muatan IPA. Model pembelajaran yang diterapkan adalah SQ4R berbantuan media powerpoint interaktif. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi siswa kelas IV SD Negeri 3 Penarukan yang berjumlah 47 siswa, dan sampel penelitian berjumlah 47 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t independent untuk N-Gain score. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung = 5,746 dengan df = n1 + n2 – 2 = 20 + 27 – 2 = 45 pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai ttabel yaitu 2,014. Dari hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 5,746 > 2,014 dan nilai Signifikansi (2 tailed) < 0,05 (,000<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pemahaman konsep muatan IPA antara Siswa yang belajar dengan model pembelajaran SQ4R berbantuan media powerpoint interaktif dengan model pembelajaran konvensional untuk siswa kelas IV SD Negeri 3 Penarukan Tahun Pelajaran 2021/2022.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Indriyanti, R. 2017 . Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Materi Penyesuaian Makhluk Hidup Terhadap Lingkungan Untuk Siswa Kelas V SD Negeri Depok 1. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v2i2.2458

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.