PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS
Sari
Penelitian eksperimen ini tujuannya guna mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran advance organizer dibantu media pop up book siswa kelas IV SD Negeri 1 Astina Kecamatan Buleleng tahun 2021/2022. Riset ini dilatar belakangi oleh adanya upaya mewujudkan tujuan pendidikan, seseorang pendidik wjib bisa menyediakan dan terciptanya suasana pembelajaran aktif serta dapat meningkatkan motivasi belajar. Motivasi pembelajaran IPS yang rendah dialami siswa kelas IV SD Negeri 1 Astina dan berlandaskan observasi awal serta wawancara dengan guru kelas IV SD Negeri 1 Astina, ada masalah yang teridentifikasi berikut: 1). Kurang aktifnya siswa bertanya saat guru memaparkan materi, 2). Kurang terbiasanya siswa belajar secara mandiri, 3). Dikegiatan berdiskusi siswa bersifat pasif. Terdapat perumusan permasalahan diriset ini ialah “Apakah terdapat perbedaan pengaruh motivasi belajar siswa antar siswa yang belajar dengan model advance organizer berbantu media pop up book serta siswa belajar model konvensional dalam mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Astina tahun 2022”. Terdapat pula teori dipergunakan diriset ini ialah mempergunakan teori motivasi. Riset eksperimen ini masuk ke eksperimen semu (quasi experiment) di desain ke konsep Post-test only control group design. Populasi diriset ini ialah 59 orang siswa kelas IV SD Negeri 1 Astina kecamatan Buleleng Tahun 2021/2022. Kelas IV A yang terpilih jadi eksperimen adalah 28 orang serta kelas IV B kelompok kontrol 28 orang. Didapatkan hasil sampel mempergunakan simple random sampling. Kuesioner serta dokumentasi dipergunakan dalam pengumpulan data serta diolah mempergunakan SPSS Versi 24. Berlandaskan tabel output Independent Samples Test terlihat nilai t hitung ialah 2.152 serta t tabel dengan responden 56 ialah 2.000. Maka nilai t hitung sebesar 2.152 > t tabel 2,000. Kesimpulannya ada perbedaan pengaruh signifikan model pembelajaran advance organizer berbantu media pop up book akan motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Astina Kecamatan Buleleng Tahun 2021/2022.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amelia, R., Mansyur, J., & Kade, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organzer Dengan Mempergunakan Peta Konsep Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X di SMA Negeri 7 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(2), 17-22.
Arifin, J. (2017). SPSS 24 Untuk Penelitian Dan Skripsi. Elex Media Komputindo.
Purmintasari, Y. D. dan Jaya, E. "Penggunaan Media Ilustrasi Pop-Up Sejarah dalam Pembelajaran IPS di SDN Batursari". Jurnal Ilmiah Kependidikan. X, (2), hlm 1-8.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dari R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Statiska Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujana, Atep dkk. 2020. Model-Model Pembelajaran Inovatif Teori Dan Implimentasi.
Depok:s Rajawali Pers.
Trisnadewi, N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantuan Media Grafis Terhadap Kompetensi Pengtahuan Ips Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Pb Sudirman Denpasar Barat Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Undang-Undang Republik Indonesia. Nomor 20 Tahun 2003. Udang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Presiden Republik Indonesia
DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v2i2.2457
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.