MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V
Sari
Penelitian Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual pada siswa kelas V SD gugus VII Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Semester II Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian eksperimen ini termasuk jenis eksperimen semu yang didesain dengan konsep Post Test Only With Non Equivalent control group design. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 161 orang yang merupakan siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Ajaran 2020/2021. Kelas V SD Negeri 2 Selat yang berjumlah 30 siswa terpilih sebagai kelompok eksperimen, sementara kelas V SD Negeri 4 Selat berjumlah 26 siswa terpilih sebagai kelompok kontrol. Hasil tersebut diperoleh dari penentuan sampel melalui simple random sampling. Berdasarakan penelitian yang dilakukan pada kelas V SD gugus VII Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPS. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual adalah 89,1667 dengan standar deviasi 6,30863, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model konvensional adalah 76,3462 dengan standar deviasi 6,56623. Taraf signifikan t (tabel) dengan jumlah responden 56=2,021 sehingga dapatdilihat dari signifikansi yang dihasilkan pada uji t dinyatakan bahwa 2,021 > 0,05. Jadi, dengan demikian model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual mempunyai pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Gugus VII Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Ajaran 2020/2021.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Hakim, Arif Rahman, Sulistiawati, dan Samsul Arifin. (2018) “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP.” Teorema: Teori dan Riset Matematika 3.1: 165- 176.
Sanjaya, Wina.(2010) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta: Media Group).
Sumarmi. (2012). Model-Model pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing. Shoimin, Aris.2013. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum2013. Jakarta. AR- RUZZ MEDIA.
Ulfah, Khalidah Rozana, Anang Satoso, dan Sugeng Utaya. (2016) “Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar IPS.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1.8 C: 1067-1611.
Winangun, I M. A.., Sadia, I W., & Suastra, I. W. (2016). Komparasi Pengaruh Model PBL dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. 6(1).
DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v2i1.2160
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.