PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV

Putu Diah Kristina, I Wayan Arka, Ni Nyoman Kurnia Wati

Sari


Penelitian ini dilakukan karena kurang aktifnya kegiatan belajar siswa yang berdampak pada rendahya hasil belajar siswa kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2020/2021 pada muatan pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media audio visual terhadap peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Adapun instrumen yang digunakan adalah tes soal (post-test). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 153 orang dari siswa kelas IV di SD Gugus VII Kecamatan Sukasada. Sebanyak 33 siswa kelas IV SD Negeri 2 Selat terpilih sebagai kelompok eksperimen, sementara 30 siswa kelas IV SD Negeri 4 Selat terpilih sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari dilakukannya pembelajaran dengan model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPS yang ditunjukkan melalui rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen adalah 83.7941 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelompok kontrol adalah 69.9412. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media audio visual memiliki pengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD di Gugus VII Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2020/2021.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung. Anak Gede Agung. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Anisatun, S Nafiah. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD/MI. Yogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Fuji, Herpratiwi, Mustakim. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Tematik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture. Jurnal.Fakultas Keguruan Universitas Lampung.Vol. 8 No. 2.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Handayani, Ganing, Suniasih, (2017). Model Picture and Picture Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahan IPA. Jurnal. Jurnal of Education Technology. 1(3).

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara: Jakarta.

Putri, Ryanto dan Tambat, (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal. Fakultas Keguruan Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosydakarya

Sugiarti, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Ssiwa Kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Kediri Tahun Ajaran 2013/2014. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha).

Teguh, Mulyo. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 1 No. 2

Utari, Sri Endah. (2019). Peran Model Pembelajatan Think Talk Write Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Prosising Seminar Nasional Pendidikan 1 (October). Jurnal Vol 1.

Wati, N. N. K., Winangun, I M. A., & Nirmayani, L. H. (2021). Merancang Pembelajaran Berbasis Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar Kecamatan Sawan. Caraka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(2), 172-178.

Winangun, I M.A. (2021). Penerapan Model Online Colaborative Learning Berbasis Tri Kaya Parisudha untuk Meningkatkan Social Skills dan Hasil Belajar Mapel SD IPA 1 Mahasiswa. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya. 5(2), 150-159.




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v2i1.2159

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.