PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V

Ni Luh Putu Indra Yustanti, I Wayan Sudika, I Made Ari Winangun

Sari


Penelitian Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD gugus II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian merupakan eksperimen semu yang didesain dengan konsep non-equivalen post-test only control group design. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 199 orang yang merupakan siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021. Kelas V SD Negeri 4 Temukus yang berjumlah 36 siswa terpilih sebagai kelompok eksperimen, sementara kelas V SD Negeri 1 Temukus berjumlah 37 siswa terpilih sebagai kelompok kontrol. Hasil tersebut diperoleh dari penentuan sampel melalui simple random sampling. Berdasarakan penelitian yang dilakukan pada kelas V di SD gugus II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng Tahun pelajaran 2020/2021, menunjukkan terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPA (µ12 yaitu 85,53>70,84; thitung>ttabel yaitu 6,987>2,029).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariantini, N. K. A., Rati, N. W., &Murda, I N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap HAsil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Melaya. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 5(2).

Asrul, dkk. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Diarini, I G. A. A. S. & Winangun, I M. A. (2022). Efektivitas Penggunaan Software Pembelajaran Daring Dimasa PandemiCovid-19 pada Guru SD Negeri 2 Abiansemal. Jurnal Penelitian Agama Hindu. 1-7.

Hadi, S., Novaliyosi. (2019). TIMSS Indoneisa (Trends In International Mathematics and Science Study). Diakses dari: http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096/754

Hanief & Himawanto. (2017). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Hartina. (1990). Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. Bandung: Tarsito.

Hermawan, A. & Yusran, H. L. (2017). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: Kencana. hal. 5-6

Ismail, F. (2018). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media.

Siregar, S. (2014). Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Penghitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor: Konsep dan Aplikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Surraya, L. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. 4(4).

Trianto. (2008). Mengembangkan Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instrustion. Makalah Prosiding Pada Seminar Internasional Pendidikan Global “Mengupas Model Pembelajaran di Kelas dan Pendidikan yang Dikembangkan di Beberapa Negara Maju” yang Diselenggarakan oelh Majalah Ilmiah Dwijakarya PPLP PGRI Jawa Timur, Minggu 11 Maret 2008 di PT Telkom Divre Surabaya.

Undang Undang RI Nomor 20 Tahun 2003tentangSistem Pendidikan Nasional.

Utaminingsih, R. &Pratiwi, D. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar IPA Ditinjau dari Keaktifan Siswa. Jurnal Taman Cendikia. 3(1)

Winangun, I M.A. (2021). Penerapan Model Online Colaborative Learning Berbasis Tri Kaya Parisudha untuk Meningkatkan Social Skills dan Hasil Belajar Mapel SD IPA 1 Mahasiswa. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya. 5(2), 150-159.

Winataputra, dkk. (2001). Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v2i1.2158

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.