PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran STAD pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Pucaksari Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan setiap siklus adalah Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi /evaluasi, dan refleksi, subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Pucaksari Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 7 orang siswa. Obyek penelitian adalah peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah Deskritif kuantitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik tes untuk mengumpulkan data prestasi belajar IPA. Adapun hasil dari penetitian ini sebagai berikut : Terjadi peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa dari 67,85% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II meningkat sebesar 12,15% berada pada kategori Baik. Terjadi peningkatan ketuntasan klasikal siswa dari 57% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agung. 1999. Metode Penelitian Pendidikan. Singaraja: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( STKIP )
Ayunani, Yustika. 2013. Peningkatan Keaktifan Siswa Kelas IV Melalui Implementasi Moodel Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Di SD Negeri Sukomangli 01 Kecamatan Reban Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Kunandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rajagrafindo Persanda
Mastari. 2018 .Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V .Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah fan keguruan Universitas Islam Neferi Sumatera Utara.
Mahmudah, Zulfatun.2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V DI SDN 8 Kota Bengkulu.
Pradnyan,Ida Ayu Komang Putri.2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN 4 Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi.Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan.
Riski,Anis.2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran PKN Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SDN 1 Tulusrejo Kecamatan Pekalongan.Skripsi Institut Agama Islam Negeri.
Santyasa. 2004. Pengaruh Model dan Seting Pembelajaran Terhadap Remediasi, Miskomsepsi, Pemahaman Konsep, dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMU. Disertai ( tidak diterbitkan). Universitas Negeri Malang Program Pasca Sarjana Program Studi Teknologi Pembelajaran.
Suparya. 2020. Peningkatan motivasi dan kemampuan berfikir kritis mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media edmodo. Jurnal ilmiah pendidikan citra bakti.
Trianto. 2009. Mendisain Model Pembelajaran Inovatif Progresif . Surbaya: Kencana Dewi.
DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v2i1.2152
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.